DPRD Ponorogo Tolak Parkir Berlangganan

Sponsored Ad

Sponsored Ad

DPRD Ponorogo Tolak Parkir Berlangganan

PONOROGO – DPRD Ponorogo menolak wacana parkir berlangganan yang dihembuskan eksekutif. Penolakan wacana parkir langganan yang akan dibahas dalam raperda inisiiatif ini setelah mendapat masukan dari kajian Unibra Malang.


Hasil kajian bila menerapkan parkir berlangganan pendapatan bisa mencapai Rp 5 milyar/tahun. Tapi bila tetap menggunakan tarif parkir regular pendapatan akan tetap berkisar antara 500 juta- 700 juta/tahun.



Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo H. Ali Mufthi menegaskan, pendapatan parkir yang dihitung sampai Rp 5 milyar/tahun itu pendapatan bruto yang belum diambil untuk biaya operasional. “Ketemunya bila dihitung dan biaya-biaya operasional ketemunya nanti juga kisaran Rp. 700 jt/tahun. Jadi sama saja dengan pendapatan parkir regular yang diterapkan selama ini,” kata Ali Mufthi, Kamis (14/1).



Ia juga menambahkan, perda regular ini sebenarnya bagaimana Dishub ini mampu mengelola parkir secara baik. Disiplin karcisnya, disiplin SDM pengelolaan parkir dan pengendaliannya. Bila semua itu dikendalikan secara baik , maka diyakini akan efektif.



“Saya kira regular ini yang paling baik, dari pada parkir berlangganan. Dimana- mana di daerah lain parkir itu langsung bayar, karena itu riil, misal sepeda motor Rp 500,-, mobil Rp 1000,- dan karcis juga diberikan. Dan ini yang menurut saya harus ditertibkan. Jangan terus, ukurannya hanya bilang ini kurang dana,” ketusnya.



Menurutnya, management parkirnya yang harus ditertibkan dan dikendalikan. “Dulu kita pernah menerapkan perda parkir langganan. Namun faktanya terjadi konflik dan masyarakat menolak. Karena disamsat bayar, dan di masyarakat juga tetab bayar,” jelasnya.



Ini karena jelas pengendaliannya tidak jalan, law invesmentnya nggak jalan. “Mungkin sepeda motor bisa dinaikkan jadi Rp. 1000,- dan mobil menjadi Rp. 2000,-, dan sekarang ini kenyataan uang Rp. 500 juga sulit didapatkan,” pungkasnya.(www.realita.co)
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: