Reog Ponorogo Gelar Pertunjukan di 50 Kota

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Reog Ponorogo Gelar Pertunjukan di 50 Kota

KBRN, Banyumas : Singa Bulan, group kesenian Reog Ponorogo sejak satu bulan terakhir ini, menunjukan kemampuannya dalam memainkan reog ke sejumlah kota yang ada di Jawa Tengah. 

Salah satu pimpinan Reog Singa Bulan, Ami menyebutkan, sudah ada 50 kota di Jawa Tengah yang sudah disingahi, untuk memperkenalkan dan mempertunjukan reog secara langsung. 

Hal ini juga sebagai bagian melestarikan budaya bangsa, ditengah- tengah gempuran budaya Barat dan Korea. Terlebih Reog pernah diklaim oleh negara tetangga, sebagai dari kesenian mereka. 

Menurut Ami, dalam sekali pertunjukan membawakan sejumlah tarian dengan durasi mencapai 4 jam. Sedangkan penari yang terlibat mencapai 70 orang. 

Ditemui oleh RRI di Ajibarang, Banyumas, Jumat (15/1/2016), Ami menyatakan selama melakukan pertunjukan selalu mendapat sambutan meriah, dari warga setempat dengan jumlah penonton ratusan hingga ribuan orang.

“Kami akan melakukan pertunjukan di dalam stadiun di Ajibarang. Setelah dari Ajibarang kami akan melanjutkan perjalanan ke Pemalang. Sudah ada sekitar 50 kota yang ada di Jawa Tengah yang kami kunjungi. Tujuan kami adalah untuk nguri-nguri budaya,” kata Ami.

Sementara, salah satu warga Ajibarang bernama Maemunah mengatakan, baru pertama kali melihat reog secara langsung. Karena selama ini hanya menonton di televisi. Sebagai bangsa Indonesia Maemunah mengaku bangga dengan adanya Reog Ponorogo ini, dan meminta agar tetap dilestarikan.

“Ya, baru pernah lihat adanya Reog, seneng sekali. Maunya ini tetap lestari. Biar anak cucu bisa lihat,” kata Maemunah.

Sinar Bulan melakukan pertunjukan di GOR Ajibarang pada hari Jumat (15/1/2016) siang, dan selepas dari Ajibarang akan melanjutkan pertunjukan di Pemalang. (RA/HF) (rri.co.id)
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: