Talud Jebol Diterjang Banjir, Bencana Ancam Warga

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Banjir yang melanda wilayah Ponorogo
Banjir yang melanda wilayah Ponorogo Selatan (Ponsel), Senin (11/1) lalu ternyata menyisakan derita bagi sebagian desa di Kecamatan Bungkal. Pasalnya luapan sungai-sungai di wilayah tersebut memporak-porandakan sejumlah infrastruktur vital. Seperti yang terjadi di Dukuh Bancar, Desa Bancar, Kecamatan Bungkal, sebuah talud luluh lantah diterjang air bah.
Talud sepanjang 100 meter hancur tergerus derasnya air banjir. Jebolnya talud tersebut mengakibatkan air sungai menggenangi areal persawahan yang baru saja ditanami padi. Material lumpur menerjang persawahan petani setempat. Sedangkan talud atau plengsengan di Dukuh Bancar lenyap terbawa derasnya air sungai.
Menurut Hariyono, petani setempat mengaku khawatir  jika terjadi banjir lagi. “Kami tentu akan merugi banyak karena air sungai dan lumpur akan menggenangi tanaman padi kami yang baru saja ditanam jika ada banjir lagi,” kata Hariyono. Dia berharap kepada Pemkab Ponorogo untuk segera memperbaiki talud yang hancur tersebut.
“Kami berharap kepada pihak terkait di Ponorogo untuk segera memperbaiki infrastruktur di sepanjang aliran sungai Dukuh Bancar agar bencana tidak menghantui kami semua,” keluhnya.
Senada dengan Hariyono, Hendroyono, salah satu perangkat desa Bancar juga membenarkan keadaan wilayahnya.
“Keluhan warga memang patut dimaklumi karena memang talud pengaman sungai sepanjang seratus meter di Dukuh Bancar hancur diterjang air bah saat banjir bandang, Senin lalu,” tutur Hendroyono.
Sementara itu, Kepala Desa Bancar, Pamuji mengaku sudah melaporkan semua kejadian bancana alam akibat jebolnya talud/plesengan di Dukuh Bancar tersebut.
“Secara tertulis sudah kami laporkan kejadian akibat banjir kemarin,” ujar Pamuji.
Pihaknya berharap Pemkab Ponorogo segera turun tangan memperbaiki talud yang jebol tersebut. “Secepatnya memang diperlukan penanganan mendesak terhadap talud yang jebol tersebut, walaupun bersifat darurat agar bencana tak mengancam,” tukasnya. [nur]
Sumber : metroterkini.com
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: