Pilih Kata-kata Menggelitik Karena Selama ini Rusaknya Jalan Tak Digubris Pemerintah

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Setenpo.com, Sawoo - melintas di Jalan Raya Ponorogo-Trenggalek tepatnya di Desa/Kecamatan Sawoo, bakal menemukan poster peringatan jalan rusak, beberapa waktu lalu. Keberadaan poster cukup menarik pengendara lantaran bahasanya menggelitik. Aan Dwi Wahyudi adalah sosok di baliknya. Dia sengaja membuat poster imbaun bernada lucu agar diperhatikan pengendara.

Poster kreatif imbauan bagi pengendara buatan Aan Dwi Wahyudi sudah tidak sebanyak dua pekan lalu. Sejumlah poster bertuliskan kalimat menggelitik namun kritis tersebut sengaja dilepas kini. Poster sengaja dicopot lantaran jalan berlubang yang dikritisi Aan tersebut sudah cukup halus. Pemerintah langsung melakukan penambalan begitu poster buatan warga Desa/Kecamatan Sawoo tersebut ramai diperbincangkan. ‘’Poster banyak yang bertuliskan tentang jalan berlubang. Kalau sudah ditambal tentu tidak sesuai. Makanya saya lepas lagi,’’ kata pria 25 tahun itu.


sengaja meninggalkan beberapa posternya di sejumlah titik. Awal bulan ini, dia mengaku memasang sekitar 60 poster di Jalan Sambit-Sawoo, Sambit-Jetis, hingga Jetis-Mlarak. Tiga jalan poros antar kecamatan tersebut memang memprihatinkan. Lubang jalan sudah tidak dapat dihitung
jari. Beberapa titik, lubang selebar jalan. Tak urung, tidak ada jalan laik bagi pengendara. Lubang berubah menjadi ranjau darat saat tergenang air. Pasalnya, kedalaman lubang tak terlihat. Pengendara dihadapkan dengan bahaya. ‘’Masyarakat wajib membayar pajak tapi kami juga berhak mendapat akses jalan yang mulus,’’ paparnya.

 Aan cukup berhasil meningkatkan kewaspadaan pengendara sekaligus membangunkan pemerintah. Buktinya, lubang jalan disepanjang jalan yang dipasang poster langsung diperbaiki sepekan setelahnya. Bahkan, kini pengerjaan sudah hampir menyentuh semua bagian jalan rusak yang dikritisi Aan dkk. Selain itu, jumlah kasus kecelakaan akibat jalan rusak juga menurun sejak posternya nangkreng di kanan dan kiri jalan. Itu berarti berhasil menarik perhatian pengendara. Padahal, pengendara jatuh dari sepeda motornya terjadi saban hari. Bahkan, seorang pengendara meninggal akibat terjatuh menerjang lubang, setahun lalu. ‘’Ide tulisan hanya spontan. Kebetulan saya suka baca-baca meme lucu di internet,’’ ungkapnya.

Poster buatan Aan memang cukup mengena. Di antaranya bertuliskan, AlonKang Ngerem Ndadak Per Bokrak, Cinta Butuh Pengorbanan Jalan Butuh Perbaikan, Isik Penak Lubangmu, Jalan Ini Tak Semulus Pipimu, Urung Nemen Urung Didandani, dan Ratan Aspal Rasa Gragal. Tulisan dalam poster diklaim Aan cukup menggelitik pengendara yang melintas. Dia tunjuk bukti testimoni sejumlah netizen di internet sejak foto posternya diunggah. Namun, dia juga mendapat teguran dari kepolisian lantaran tulisannya itu. ‘’Bukan dilarang. Tapi diharap poster tidak mengganggu pengendara dengan tulisan yang terlalu jorok,’’ terangnya.

Aan memulai membuat poster-poster itu sekitar awal Februari. Pengerjaan dilakukan saat malam sepulang urusan berkebun selesai. Aan memang petani sayur. Dia sengaja melibatkan pemuda tetangga di kiri kanan rumahnya untuk membantu. Aan mengaku membuat poster dari bahan seadanya. Dia memanfaatkan bekas banner. Sedang, tulisan dari cat. Tulisan sengaja berwarna merah menyala agar menarik. Uang pembelian cat dari kantong pribadi. Namun, belakangan ada yang menyumbang setelah foto posternya diunggah. ‘’Bambunya kami juga memanfaatkan bekas,’’ tuturnya.

Pembuatan dilakukan secara bertahap. Jika sudah terkumpul cukup banyak langsung dipasang. Aan sampai meminjam bantuan kendaraan pikap teman untuk mengangkut posternya. Pemasangan dimulai, Senin (8/2) lalu. Jalan di sekitar tempat tinggalnya menjadi sasaran kali pertama. Kegiatan berlanjut hingga terpasang sekitar 60 poster. Aan mengaku bakal membuat
poster lagi jika jalan kembali rusak. ‘’Dulu hanya imbauan dengan kata-kata biasa. Karena tidak ada yang memperhatikan saya buat yang agak berbeda. Alhamdulillah cukup berhasil,’’ jelasnya.***(irw/Radar Madiun)
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: