Kampung Sayur Somoroto, Jadikan Agrowisata

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Setenpo.com, Sumoroto - Biasanya saat kita ingin mendapatkan suasana yang asri dan penuh sayuran ranum nan segar, kita akan terbayang di wilayah pegunungan.

Namun jangan heran jika kita berada di Desa Sumoroto Kecamatan Kauman Ponorogo. Meski daerah ini bukan daerah pegunungan dan sangat dekat dengan kota, anda akan takjub melihat desa ini karena disuguhkan berbagai aneka sayuran yang siap panen di pinggir jalan. Tidak hanya itu, kita pun akan merasakan udara yang segar, bersih dan asri karena dedaunan hijau yang menghiasi setiap pinggir jalan dan pekarangan rumah warga. Pemandangan sayuran hijau ini dikelola oleh Kelompok Tani Wanita yang ada di desa setempat.

Add captionSeorang pedagang sayur keliling membeli sayuran segar hasil Tanaman Ibu - ibu Kelompok Tani Wanita Somoroto
Upaya ibu rumah tangga yang ada di Desa Sumoroto ini membuahkan hasil yang manis. Di samping mendapatkan sayuran organik untuk konsumsi keluarga, para ibu di Desa Sumoroto ini juga bisa memberikan hasil tambahan bagi ekonomi keluarga.

Tidak sedikit pedagang sayur keliling yang berada di wilayah Sumoroto ini, mengambil barang dagangannya dari tanaman di pinggir jalan dan pekarangan di desa tersebut. Di samping harganya lebih murah, sayurannya pun masih sehat dan segar.

Terakit dengan itu Kepala Dinas Pertanian Ponorogo, mengaku Desa Sumoroto adalah pilot project sebagai kampung sayur yang ada di Ponorogo. Harmanto juga menegaskan perluasan pemanfaatan lahan pekarangan ini akan dikembangkan. Nantinya daerah Sumoroto ini bisa menjadi agrowisata, pengunjung yang datang ke Sumoroto ini, selain menikmati keasrian desa tersebut, juga bisa langsung belanja sayuran organik dan buah - buah yang siap dipetik yang ada di setiap pekarangan rumah warga tersebut.

Terkait terciptanya kampung sayur ini, Suryani selaku Ketua Kelompok Tani Wanita, menjelaskan bahwa ide awal penciptaan kampung sayur, berawal dari swadaya para ibu yang ada di desa setempat, akhirnya berhasil menciptakan desanya ini menjadi kampung sayur. (end)
Sumber : Pojok Pitu
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: