Ngurus, E-KTP di Ponorogo Sekarang Teko Langsung Cetak

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Setenpo.com , Ponorogo - Warga Ponorogo sekarang tak lagi lama menunggu KTP Elektronik (E-KTP) jadi. Pemkab kemarin (1/2/2016) melaunching program Teko Langsung Cetak. Terobosan ini memberikan pelayanan kepada warga yang datang mengurus e-KTP di kantor dispendukcapil dan hari itu juga kartu identitas bisa dibawa pulang. ‘’Melalui program ini, kami berharap kesadaran masyarakat mengurus e-KTP meningkat,’’ terang Sekda Ponorogo Agus Pramono saat melaunching e-KTP Teko Langsung Cetak di kantor dispendukcapil.


Menurut Agus, program itu sudah disiapkan sejak akhir 2015. Gedung kantor pelayanan kependudukan dan catatan sipil direhab dan suasananya dibuat nyaman untuk masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan. Juga, pelayanan tak memerlukan antre lama. ‘’Dispendukcapil juga sudah menyiapkan alat. Sekarang sudah ada tujuh mesin cetak e-KTP, tapi baru dua yang dioperasikan,’’ tambahnya. Selain karena petugasnya terbatas, pengoperasian harus disesuaikan suhu udara. Mesin cetak e-KTP itu harus ditempatkan di ruangan sejuk. Tapi, meski hanya dua yang difungsikan, dapat melayani hingga 200 keping e-KTP.

Agus menegaskan, jika permintaan pencetakan e-KTP meningkat drastis, dispendukcapil akan memaksimalkan mesin yang sudah siap. ‘’Dispendukcapil saat ini juga sedang menyelesaikan cetak e-KTP tahun sebelumnya yang belum jadi. Tapi, pelayanan kepada masyarakat yang datang langsung, tetap berjalan,’’ terangnya. Bagi warga yang berlum memiliki kartu identitas, sekda meminta segera mendatangi kantor dispendukcapil. Sebab, e-KTP penting sebagai identitas dasar. Dengan kepemilikan kartu identitas itu, pemkab tidak lagi kesulitan menjalankan program. ‘’Kami juga sampaikan bahwa e-KTP berlaku seumur hidup,’’ tegas Agus.

Sementara itu, kepala dispendukcapil Endang Retno Wulandari mengatakan, saat ini ada tiga petugas yang melakukan cetak e-KTP. Mereka bertugas mencetak kartu dan memasukkan data kependudukan. ‘’Tenaga terbatas, tapi kami membagi tugas dengan baik. Ada yang bertugas dalam program Teko Langsung Cetak, ada yang harus mengerjakan pencetakan tanggungan tahun sebelumnya,’’ paparnya. Retno menuturkan, program layanan e-KTP yang mudah dan cepat merupakan keinginan masyarakat. Sebab, e-KTP menjadi identitas yang berlaku seumur hidup. Selain itu, layanan perbankan saat ini juga sudah mengharuskan nasabah memakai e-KTP.

‘’Program ini merealisasikan keinginan masyarakat, yakni mengurus e-KTP mudah, cepat, murah, ramah dan akurat. Tapi, saya juga minta masyarakat menyediakan data akurat,’’ terangnya.

Teko Langsung Cetak akan dilaksanakan hanya di Dinas dukcapil sedangan UPT di kecamatan hanya melakukan perekaman saja. Bagaimana proses mendapatkan KTPel  tersebut ?
    1. Penerbitan KTP-el dilaksanakan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jl. Aloon-Aloon Utara No. 8 Ponorogo;
    2. Penduduk harus membawa sendiri permohonan penerbitan KTP-el dan melakukan aktivasi KTP-el yang telah diterbitkan;
    3. Dalam hal penduduk tidak dapat membawa sendiri permohonannya disebabkan dalam kondisi sakit parah/difabel/lansia maka dapat diwakili oleh keluarganya dengan dilampiri surat keterangan sakit dari rumah sakit/puskesmas/dokter atau surat Keterangan dari Desa/Kelurahan yang dilengkapi pernyataan (pemohon sendiri/keluarga) terkait kondisi pemohon yang menyebabkan ketidakhadirannya. Apabila penduduk tersebut sudah tidak memiliki keluarga maka dapat diwakili oleh perangkat Desa/Kelurahan dengan surat tugas/surat kuasa dari Kepala Desa/Lurah;
    4. Penduduk telah melakukan perekaman KTP-el minimal 1 (satu) hari sebelum pengajuan permohonan penerbitan KTP-el;
    5. Data yang tercantum dalam permohonan KTP-el, Kartu Keluarga (KK) dan database SIAK harus sesuai dan valid;
    6. Dalam hal pemohon melakukan perubahan elemen data dalam KTP-el (Nama dan gelar, Tempat dan tanggal lahir, Jenis kelamin, Agama, Status perkawinan, Pekerjaan, Alamat) Maka Kartu Keluarga dari pemohon harus dirubah terlebih dahulu sebelum permohonan KTP-el diajukan oleh pemohon;
    7. Sistem Pencetakan KTP-el dan Jaringan Online KTP-el di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil tidak sedang bermasalah;
    8. Permohonan penerbitan KTP-el dalam 1 (satu) hari kerja maksimal 150 permohonan.

Syarat Dan Alur Pengurusan E-KTP :







Sumber : Radar Madiun
Sumber : dukcapil.ponorogo.go.id
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: