Pemkab Ponorogo Janji Perbaiki Sarana Puskemas Tak Layak

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Setenpo.com , Ponorogo - Pemkab Ponorogo tak ingin malu dengan temuan komisi D DPRD saat sidak puskemas berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Yakni, banyak puskesmas yang fasilitasnya minim, personel terbatas dan gedung kurang memadai. Sekda Agus Pramono menyatakan pemkab akan mengevaluasi semua pelayanan di puskesmas. ‘’Pemkab punya kewajiban memaksimalkan pelayanan dasar untuk masyarakat seperti di bidang kesehatan. Kami akan evaluasi semua temuan DPRD,’’ tegasnya kepada Jawa Pos Radar Ponorogo.



 
Sekadar diketahui, Jumat (29/1) lalu komisi D DPRD mendatangi sejumlah puskemas. Ditemukan, banyak puskesmas fasilitasnya minim seperti belum memiliki laboratorium, minimnya fasilitas rawat inap hingga dokter kurang memadai. ‘’Fasilitas di puskemas kami upayakan segera diperbaiki. Misalnya brankar rawat inap yang kurang akan ditambah, toilet rusak, gedung kurang memadai akan dibangun. Tenagakurang juga akan kami tambah,’’ papar Agus.

Di Ponorogo, ada 31 puskemas. Sebanyak 19 puskemas di antaranya memiliki fasilitas rawat inap. Semua puskesmas itu sudah berstatus BLUD sejak 1 Januari 2016 lalu. Ini artinya, puskesmas diberi kewenangan mengatur rumah tangganya sendiri. ‘’Secara administrasi 31 puskemas ini sudah layak BLUD. Tapi kami tetap berupaya agar memenuhi standar pelayanan,’’ ungkap sekda.
Kata Agus, prioritas perbaikan fasilitas akan diberikan untuk puskemas yang menjadi temuan dewan. Misalnya Puskemas Pudak yang dokternya minim, alat kesehatan tidak layak hingga jumlah kamar rawat inap kurang. ‘’Pudak dan Kunti menjadi prioritas. Tapi, puskesmas lain juga fasilitasnya akan kami perbaiki,’’ katanya. (aan/irw)

Sumber : Radar Madiun
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: