Dampak Putusnya Jembatan Puhijo Ponorogo, Anak Sekolah Harus Ambil Resiko Sebrangi Sungai

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Setenpo.com, SAMPUNG – Banjir yang melanda wilayah barat Ponorogo pada, Sabtu (05/032016) silam, menyebabkan jembatan penghubung antara kabupaten Ponorogo dan Magetan terputus.

Putusnya jembatan yang melintas diatas sungai Galok desa Puhijo ini berdampak aktifitas perekonomian masyarakat jadi terganggu. Jembatan ini adalah satu-satunya akases yang menghubungkan antara dukuh Mbulupatuk dan dukuh Puhijo desa Puhijo serta penghubung antara kabupaten Ponorogo dan Magetan.

“Jembatan ini penghubung antara dua dukuh yang juga dua kabupaten mas, Ponorogo-Magetan. Setelah putus warga dukuh Puhijo desa Puhijo harus turun menyebrangi sungai, untuk menuju balai desa dan ke Kota,” ujar Purwanto kepada suarajatimpost.com saat di lokasi siang tadi (07/03/2016).


Dampak Putusnya Jembatan Puhijo Ponorogo, Anak Sekolah Harus Ambil Resiko Sebrangi Sungai
Banjir pada sabtu lalu, lanjut Purwanto merupakan banjir terbesar setelah pada tahun 1963 silam pernah terjadi banjir bandang di wilayah tersebut. Selain jembatan Gedung Gupit, jembatan Dung Watu Pecah juga jebol.

“Ada dua jembatan di desa Puhijo yang ambrol mas, jembatan Gedung Gupit dan jembatan Gedung Gupit. Selain itu area pesawahan warga juga ikut diterjang banjir, hingga menyebabkan tanaman padi rusak cukup parah” paparnya.

Akibat putusnya jembatan Gedung Gupit tersebut, akses perekonomian masyarakat sangat terganggu. Tak hanya itu, para pelajar yang hendak pergi sekolah juga terpaksa harus menuruni sungai sedalam sekitar empat meter saat berangkat dan pulang sekolah.

“Kasihan anak-anak yang hendak pergi ke sekolah, mereka harus melepas sepatu dan menggandeng sepeda mereka, ini kalau debit airnya kecil. Kalau besar sedikit mereka terpaksa tidak masuk sekolah,” jelasnya.

Lebih lanjut Purwanto berharap, pemerintah cepat tanggap melihat kondisi tersebut dan segera membangun jembatan Gedung Gupit.

“Yang jebol sebetulnya bagian samping saja mas, bukan ditengah jembatan. Semoga pemerintah atau dinas terkait segera memberikan bantuan untuk perbaikan jembatan Gedung Gupit,” pungkasnya. (suarajatimpost.com)
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: