Depot rica-rica mentok Bu Win di Dusun Dasun, Desa Bangunrejo, Sukorejo Patut Dicoba

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Setenpo.com, SUKOREJO – Ingin tahu cita rasa rica-rica mentok pedas nan nikmat? Depot rica-rica mentok Bu Win di Dusun Dasun, Desa Bangunrejo, Sukorejo patut dicoba. Karena, pedasnya menggelegar dan daging mentoknya lunak. ‘’Kuncinya ada di bumbu sambal,’’ kata Winarti, pemilik depot.

Karena kunci kenikmatan ada di bumbu sambal, Winarti sendiri yang selalu membuatnya. Sebab, komposisinya harus benar-benar pas. Jumah cabai rawit harus lebih banyak ketimbang merica. Sekali membuat sambal, 25 kilogram cabai rawit yang dihabiskan. ‘’Kalau buat bumbunya seminggu hanya dua kali,’’ tambahnya.

Bumbu sambal sudah siap, merebus daging mentok kemudian. Agar daging mentok lunak, dibutuhkan waktu sekitar dua jam merebusnya. Setelah itu, bumbu sambal dituangkan ke dalam rebusan daging mentok. Pengadukan tak boleh diabaikan karena bumbu harus meresap. ‘’Proses pembuatannya butuh waktu lama. Kadang sampai yang dijual sudah habis, di dapur belum matang,’’ terangnya.

Di depot Bu Win, ada variasi rasa. Tak hanya pedas, penikmat kuliner dapat memilih sedang dan tidak pedas. Nikmatnya rica-rica mentok Bu Win sudah terkenal seantero Ponorogo. Banyak pejabat yang datang. Pun, pengunjung dari luar kota. ‘’Yang dari luar daerah banyak juga, menyempatkan datang ke depot saya,’’ kata Winarti.

Dari bisnis kuliner yang dirintis sejak 2007 itu, Winarti mampu menyekolahkan tiga anaknya hingga perguruan tinggi. Dua di antaranya sudah mapan mentas. Sebelum menjadi besar seperti sekarang, depot Bu Win hanya warung kecil. Pun, pengunjung yang datang harus duduk lesehan untuk menyantap rica-rica. Selain itu, kebanyakan pembeli hanya dari desa tempat dia tinggal. Winarti membutuhkan waktu hampir enam bulan agar orang kenal dengan depotnya. Di tahun 2012, depotnya dibangun lebih representatif. Kini, depot Bu Win omzetnya sekiar Rp 5 juta per hari. Bahkan di akhir pekan menembus Rp 7 juta dalam sehari.

Erik Pramono, salah seorang pelanggan depot Bu Win mengakui tingkat kepedasan rica-rica mentok mantap. ‘’Pedasnya memang beda dan dagingnya lunak,’’ ujarnya. (mg3/irw/radar madiun)
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: