Kurang dari 24 Jam Pelaku Pencurian di SDN Mangkujayan 4 Dibekuk Polisi

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Kurang dari 24 Jam Pelaku Pencurian di SDN Mangkujayan 4 Dibekuk Polisi
Setenpo.com, Ponorogo - Tak butuh waktu lama bagi polisi untuk meringkus pelaku pencurian di SDN 4 Mangkujayan. Pelaku yang diketahui bernama Siswoyo, 44, warga Desa Carut, Kecamatan Kauman ditangkap kemarin (18/3).

Saat ditangkap, dia kedapatan sudah menggunakan uang hasil curian sebesar Rp 200 ribu, dari total Rp 6,8 juta. Menurut pengakuannya, Siswoyo menggunakan uang tersebut untuk membayar utang ke tetangga. ‘’Saya banyak utang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,’’ ujarnya.

Kepada wartawan, Siswoyo mengaku nekat mencuri lantaran terhimpit ekonomi. Dia yang sehari-hari berjualan bawang merah di pasar Songgolangit itu harus utang untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Dia juga mengaku uang tersebut niatnya untuk membayar biaya sekolah anak satu-satunya. ‘’Karena tidak ada uang, ya mau bagaimana lagi. Akhirnya mencuri,’’ tambahnya.

Kapolsek Ponorogo AKP Suyanto mengatakan, usai kejadian tersebut pihaknya langsung memerintahkan anggota mencari pelaku. Menurut Suyanto, rekaman kamera CCTV sangat membantu mengungkap kasus tersebut.  Modus Siswoyo, lanjutnya, dengan memanjat pagar belakang sekolah. Berbekal linggis yang dibawa dari rumah, dia mencongkel jendela dan masuk ruang guru.

Di ruangan itu, pelaku membuka laci satu per satu dan mengambil uang tunai saja. Soal mengapa barang elektronik tidak ikut diambil, karena sangat butuh uang. ‘’Kalau dari alasannya, ya untuk hidup dan keluarga. Namun kami juga tidak serta merta percaya,’’ ujarnya.

Bagaimana tidak, Siswoyo rupanya pernah melakukan tindak pidana yang sama pada 1989. Saat itu, dia kedapatan mencuri di rumah tetangganya. Dia pernah meringkuk di penjara empat bulan. Pelaku saat ini ditahan di Polsek Ponorogo.
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: