Parkir di Seputaran Alun-alun Bakal Dirombak Hanya Boleh di Sisi Timur Saja

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Alun-alun Timur Ponorogo . Sumber : Radar Madiun

Setenpo.com, Ponorogo - Bupati Ipong Muchlissoni tampaknya mulai gerah menghadapi sorotan masyarakat soal wajah alun-alun. Apalagi, lapangan besar tersebut menjadi biang kerok jebloknya penilaian adipura dua tahun belakangan. Dia sengaja memanggil kepala satuan kerja terkait untuk membahas masalah tersebut. Hasilnya cukup membuat pengais rezeki di seputar kawasan alun-alun ketir-ketir. Ipong bakal membatasi kawasan alun-alun dari PKL dan parkir liar. ‘’Banyak keluhan masyarakat yang masuk terkait alun-alun. Prinsipnya harus bersih dan tertib karena (alun-alun) merupakan simbol daerah,’’ kata Sekda Ponorogo Agus Pramono usai rapat, kemarin (17/3).

PKL wajib bersih dari alun-alun di jam-jam tertentu. Mereka baru boleh berjualan mulai pukul 15.00. Pun, harus angkat kaki pukul 22.00. Selain itu, PKL wajib membawa gerobak dan lapak mereka saat tutup. Bahu jalan dan trotoar juga haram sebagai tempat berjualan. PKL harus masuk alun-alun. Aturan main juga berlaku bagi PKL di sepanjang jalan protokol. Agus Pram menampik penertiban lantaran tengah ada penilaian adipura. Namun, lantaran banyaknya aduan masyarakat. ‘’Kebetulan saja momentumnya berbarengan dengan penilaian adipura. Tentu kami harap bakal tertib seterusnya,’’ terangnya.

Selain itu, kantong parkir di seputaran alun-alun bakal dirombak. Jalan Aloon-aloon Utara wajib bersih 24 jam. Kantong parkir depan kawasan blok M (macan) itu bakal dipindah ke Jalan Aloon-aloon Timur. Yakni, memanfaatkan bahu jalan sebelah barat alias mepet trotoar alun-alun. Parkir bakal dibagi dua untuk sepeda motor dan mobil. Hal sama juga berlaku di sisi selatan dan barat. Kantong parkir di Jalan Aloon-aloon Selatan wajib masuk areal pusat perbelanjaan. Sedang, sisi barat wajib masuk area parkir Masjid Agung RMAA Tjokronegoro. ‘’Prinsipnya jalan harus bersih. Karena salah satu keluhan karena macet,’’ imbuhnya.

Selain itu, sekda mengaku pemkab sudah menganggarkan dana untuk perbaikan alun-alun, lebih dari Rp 1 miliar. Anggaran bakal digunakan untuk perbaikan empat patung macan saban sudut alun-alun, panggung utama dan taman. Pun, sekda mengaku optimistis adipura kembali singgah di Ponorogo.
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: