Hujan Deras Rusak Tanaman Padi di Ponorogo

Sponsored Ad

Sponsored Ad

Setenpo.com, PONOROGO - Hujan deras disertai angin menyebabkan puluhan hektare tanaman padi di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur rusak. Akibatnya, petani merugi.

Puluhan hektare tanaman yang mengalami kerusakan berada di Desa Bangsalan, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo. Kondisi tanaman padi roboh dan rata dengan tanah hingga bulir padi yang sudah berisi terendam air. Jika dibiarkan, padi akan membusuk dan tak bisa dipanen.

Untuk itu, para petani terpaksa melakukan panen lebih awal untuk mengurangi kerugian lebih besar, meski para petani tetap mengalami kerugian jutaan rupiah akibat kejadian tersebut.

Menurut salah seornag petani, Abdul Manan, seharusnya tanaman padi baru akan dipanen sekira dua minggu lagi. “Karena roboh ya terpaksa dipanen, kalau enggak dipanen tambah rugi,” kata dia, Kamis (17/3/2016).

Menurutnya, kondisi serupa juga terjadi di beberapa desa lainnya, seperti di Desa Coper, Desa Kemuning dan Desa Bulu, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo. Akibat kejadian ini, diperkirakan hasil panen akan berkurang sekira 25-50 persen
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: