Musim Durian, Ngebel Padat Wisatawan

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Setenpo.com, NGEBEL – Long weekend mendatangkan berkah bagi pengelola telaga Ngebel. Libur bertepatan perayaan Paskah sejak Jumat (25/3) lalu membuat kawasan telaga panen wisatawan. Selama tiga hari itu, ribuan wisatawan datang menikmati keindahan alam Ngebel. Pantauan Jawa Pos Radar Ponorogo, di hari terakhir long weekend kemarin (27/3), jalur masuk Ngebel begitu padat kendaraan.

Koordinator Wisata Telaga Ngebel Disbudparpora Ponorogo Tri Hariono mengungkapkan, peningkatan jumlah pelancong cukup signifikan. Biasanya dalam sepekan rata-rata pengunjung mencapai 2.500 orang. Tapi selama tiga hari sejak Jumat lalu, setidaknya 3.500 wisatawan datang ke telaga itu. Puncak kunjungan wisatawan terjadi kemarin. ‘’Ini juga bareng dengan puncak musim panen durian. Jadi, termasuk daya tarik bagi wisatawan datang ke Ngebel,’’ tuturnya.

Tiga akses masuk telaga semuanya padat kendaraan. Tapi, yang paling ramai dari arah Wagir Lor. Pasalnya, mayoritas pengunjung berasal dari Ponorogo. Sedangkan wisatawan tersebut didominasi mengendarai sepeda motor. Sisanya, mobil pribadi. Hariono mengatakan, jalan untuk bus masih sulit. ‘’Sempat ada wisatawan dari Jakarta yang menggunakan bus. Mereka harus putar balik karena tidak bisa melalui jalan yang terlalu kecil dan menikung,’’ jelasnya.



Jalan yang melingkari Telaga Ngebel memang terbilang kecil. Untuk menuju pusat keramaian yakni pelabuhan telaga, bus kesulitan. ‘’Kalau jalannya lebar dan bus bisa masuk, pasti ada peningkatan kunjungan,’’ tambahnya.

Dia menjelaskan, target pendapatan Telaga Ngebel selalu tembus. Bahkan, tiap tahun ada peningkatan sekitar 30 persen. Tahun 2014 misalnya, pendapatan mencapai Rp 490 juta. Tahun berikutnya, melesat mencapai Rp 520 juta. Hariono optimistis, tahun ini pendapatan mengungguli capaian tahun lalu. (mg4/irw/radar madiun)
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: