Percepat Proses Akta Kelahiran,Dispendukcapil Ponorogo Gandeng Kemenag

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Setenpo.com, Ponorogo – Masih banyak warga Ponorogo yang belum memiliki akta kelahiran. Data di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) setempat, tercatat baru 68 persen yang sudah memiliki identitas kelahiran itu. Beberapa di antara yang belum memiliki akta kelahiran adalah pelajar. Kondisi tersebut membuat dinas terkait gerah. Program percepatan akta kelahiran kini gencar. Salah satunya dengan menggandeng sekolah. ‘’Tahun lalu kami menggandeng sekolah di lingkup diknas (dinas pendidikan). Sekarang sedang persiapan kerja sama dengan sekolah di lingkup kemenag,’’ Kepala Dispendukcapil Ponorogo Endang Retno Wulandari, kemarin (30/3).

Retno berencana mengundang pimpinan Kantor Kemenag Ponorogo dan perwakilan lembaga pendidikan pertengahan April mendatang. Rencananya, sebanyak 65 perwakilan MI bakal dihadirkan. Ini dilakukan untuk menggali data anak didik yang masih belum berakta kelahiran. Termasuk, sosialisasi persyaratan pengajuan akta agar proses pencetakan lebih cepat. MTs dan Madrasah Aliyah menjadi sasaran berikutnya. Retno menargetkan pemilik akta di Ponorogo tembus 80 persen tahun ini. ‘’Setelah persyaratan lengkap, langsung kami verifikasi ke sekolah sekaligus penerbitan akta bagi yang sudah memenuhi syarat,’’ paparnya sembari menyebut pengajuan akta tidak dipungut biaya alias gratis.

Retno menegaskan, akta kelahiran penting sebagai identitas awal penduduk. Termasuk, untuk mendaftar sekolah. Begitu juga membuat paspor, hingga melamar pekerjaan. ‘’Saat program ini diluncurkan, banyak sekolah yang minta dijalankan di lembaga mereka,’’ jelasnya. (agi/irw/radar madiun)
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: