Polisi Gerebek Nobar di Rumah Kos

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Setenpo.com, MADIUN - Peraturan khusus tentang ketenteraman dan ketertiban (trantib) rumah kos agaknya mendesak untuk diadakan. Sebab, tidak jarang rumah kos jadi tempat mesum dan kemaksiatan lainnya. Pun, penghuninya ada yang resek dan berperilaku urakan. Hingga mengganggu ketenangan warga sekitar.  

Contohnya, dini hari sekitar pukul 02.00 kemarin (18/3). Petugas Polsek Taman harus mendatangi salah satu rumah kos di Jalan Kelapa Manis, Manisrejo, Taman, Kota Madiun. Itu setelah warga sekitar melapor karena terganggu suara orang gaduh dari rumah kos tersebut. ‘’Mereka teriak-teriak,’’ ujar Kapolsek Taman Kompol Edi Susanto.

Polisi menggerebek kos-kosan itu sekitar pukul 05.30 dan mengamankan 27 orang.Terdiri dari 20 pria dan tujuh perempuan. Di antara mereka terdapat tiga remaja putra dan tiga remaja putri. ‘’Enam remaja itu bukan pelajar,’’ jelasnya.

Edi menjelaskan hanya lima orang penghuni kos asli. Selebihnya orang luar. Mereka bertemu di luar dan memutuskan untuk berkumpul di rumah kos tersebut. Dari lima kamar yang digeledah tidak ditemukan barang bukti minuman keras maupun wadahnya. ‘’Namun tercium bau alkohol dari beberapa tersangka,’’ tambahnya.

Mereka warga Kota dan Kabupaten Madiun yang semuanya pekerja. Mereka mengaku hanya nonton bareng (nobar) pertandingan sepak bola di salah satu stasiun televisi swasta. Lantaran teriakan mereka membuat gaduh, salah seorang warga setempat lapor ke Mapolsek Taman. ‘’Tidak ada pesta apapun,’’ ujarnya.

Mereka akan didata dan dimintai keterangan sebelum dipulangkan ke orang tua masing-masing. Atas tindakan mengganggu ketertiban lingkungan tersebut mereka bakal diproses tindak pidana ringan (tipiring) sesuai pasal 503 KUHP.

Petugas juga akan memanggil pemilik kos tersebut terkait perizinan mendirikan rumah kos. Upaya tersebut untuk meminimalisir maraknya tempat kos yang disalahgunakan. ‘’Seharusnya ada peraturan yang melarang pria memasuki kamar kos perempuan dan sebaliknya,’’ pungkasnya.
Sumber : Radar madiun
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: