Proyek Sayap Dam Duwet Senilai Rp 148 Juta Luluh Lantah di Terjang Banjir

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Proyek Sayap Dam Duwet Senilai Rp 148 Juta Luluh Lantah di Terjang Banjir
Setenpo.com, Bungkal - Proyek rehabilitasi jaringan irigasi dukuh Duwet, Desa Bancar, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo senilai Rp. 148.230.000,00 yang dikerjakan oleh CV. Kharisma Jaya Ponorogo luluh lantah. Kejadian hancurnya sayap dam itu diketahui Rabu (6/4/16) malam.

"Memang tadi malam banjir tapi sebenarnya air bah tidak sampai meluap," ujar Damis, petani warga Desa Padas, Kecamatan Bangkal saat mencangkul di sekitar lokasi, Kamis (7/4) pagi.

Padahal proyek perbaikan sayap dan yang mendapat pengawasan dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ponorogo itu baru selesai dikerjakan 20 Agustus 2015 lalu. Sementara lama pengerjaan proyek itu mulai dilaksanakan 4 Juni hingga 20 Agustus 2015.

Hancurnya sayap dam itu meresahkan para petani di wilayah setempat. Seperti diungkapkan oleh Tubari selaku Ketua Kelompok Tani Bancaran, Dukuh Duwet, Desa Bancar, Ponorogo dan itu sangat vital bagi pengairan di Areal Persawahan Desa Bancar, Bediwetan dan Padas.

"Harus ada perbaikan agar kerusakannya tidak semakin parah," ujar Tubari. Senada dengan Tubari, Ilyas petani lainnya juga khawatir atas rusaknya sayap Dam Duwet tersebut. "Selain menggerus areal persawahan, kalau dibiarkan juga bisa menyebabkan banjir," terang Ilyas.

Sedangkan Kades Bancar, Pamuji mengaku sudah melaporkan kejadian itu ke Pemkab Ponorogo. "Secara lisan sudah kami laporkan hancurnya sayap Dam Duwet ke Bagian Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Ponorogo," ujar Pamuji. [nur/Metroterkini.com]
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: