TKW Hong Kong Asal Malang Meninggal Terjatuh dari Gedung Apartement

Sponsored Ad

Sponsored Ad
MALANG - Seorang TKW asal Kabupaten Malang bernama Suwerdaningasih dilaporkan tewas di Hongkong. Perempuan warga Desa Pujiharjo Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang itu tewas setelah jatuh dari apartemen majikannya di lantai 4.

Kabar mengenai meninggalnya Suwerdaningasih pertama kali diketahui pada 3 Mei 2016 lalu. Kepala Desa Pujiharjo, Hendik Arso Hadi Waluyo, ketika dihubungi pada Selasa (10/5) membenarkan kabar tersebut. Akan tetapi sampai saat ini belum ada keterangan jelas mengenai apa yang menyebabkan ibu satu anak itu terjatuh.

"Keluarga masih belum tahu apakah jatuh karena bunuh diri atau karena sebab lain," kata Hendik.

Menurut Hendik, pada awalnya keluarga korban tidak mau melaporkan kejadian ini kepada aparat desa. Namun seiring berjalannya waktu kabar kematian Suwerdaningasih makin kencang berembus di masyarakat setempat. Pemerintah desa kemudian berinisiatif untuk mengorek keterangan dari keluarga Suwerdaningasih.

Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kabupaten Malang, Sukardi membenarkan pihaknya memperoleh laporan dari keluarga TKW Suwerdaningasih.

Menurut laporan keluarga, perempuan tersebut berangkat ke Hongkong sejak 2002. Ia berangkat melalui Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) PT SAM yang berlokasi di Kota Malang ebagai Pekerja Rumah Tangga (PRT). Korban sempat pulang saat kontraknya habis, tetapi selama pulang tidak pernah memperbarui berkas-berkasnya.

Sementara itu dalam catatan, sepanjang 2016 hingga sekarang, dua TKW asal Kabupaten Malang meninggal dunia di luar negeri. Januari lalu, kejadian serupa dialami Eka Suryani yang ditemukan meninggal dunia di Fujian, China.

Sukardi mengatakan, belum memperoleh informasi lengkap mengenai kronologis kematian TKW berusia 35 tahun itu. "Kami masih menunggu surat keterangan resmi dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk memperoleh informasi lengkap dan memproses kepulangan jenazah," jelas Sukardi.
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: