Razia Balap Liar, Belasan Motor Diamankan

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Tindak Tegas: Anggota Polres Ponorogo menindak tegas pelaku balap liar. [Foto: Pramita/bj.com]
KOTA - Razia balap liar yang digelar Minggu dini hari (31/07/2016) berhasil mengamankan belasan motor berkenalpot brong dan sudah dimodifikasi ala pembalap. Mereka kawanan pemuda ini sering kali menggelar taruhan dan adu kecepatan motor mereka di Jalan Ir. H. Juanda barat perempatan Jeruksing ponorogo.

Kabag Ops Polres Ponorogo, Kompol Eko Condro Wasisto, menuturkan, dari razia yang dilakukan Minggu dini hari kemarin, tak kurang dari 14 sepeda motor disita.

Razia dilakukan di Jalan Juanda dan Suromenggolo. Penyebabnya sama, lantaran sepeda motor dalam kondisi yang jauh dari spesifikasi standar.

Selain pretelan, knalpot yang dipasang juga suaranya keras memekakkan telinga. Eko tidak menampik banyak warga yang resah dengan bisingnya suara sepeda motor tersebut.

"Suaranya memang mengganggu masyarakat sekitar. Oleh karena itu, saat razia kami sengaja tempatkan petugas di sejumlah titik dekat pemuda-pemuda itu berkumpul,’’ terangnya kepada wartawan.

Menurut Eko, sebanyak 14 sepeda motor yang dirazia petugas hanya boleh diambil pemilik masing-masing ketika kelengkapan sepeda motor sudah dikembalikan dalam kondisi normal.

Jika tidak, maka pihaknya tidak akan mengembalikan sepeda motor tersebut.

Sementara itu, bagi sejumlah pengendara balap liar yang mayoritas adalah pelajar, akan tetap ditindak dengan tilang. Namun, dia memberikan pembinaan khusus supaya kejadian serupa dapat diminimalisir.

"Dari Binmas akan ada pembinaan langsung kepada para pelajar tersebut,’’ ujarnya.

Eko menjelaskan, pembinaan bakal dilakukan dengan memanggil orang tua para pelajar yang terlibat dalam aksi balap liar tersebut. Baik orang tua maupun pelajar, akan diberi sosialisasi.

Sosialisasi terutama mengenai keselamatan berkendara. Sementara untuk aksi serupa yang mungkin bakal tetap terjadi, Eko menyebut bakal mengedepankan cara-cara humanis, salah satunya dengan melibatkan Polwan.

"Supaya lebih dekat dengan para pembalap liar yang kebanyakan memang pemuda-pemuda itu. Harapannya, bisa ditekan lewat cara humanis seperti itu,’’ terangnya.

Selain itu, razia balap liar yang dilakukan merupakan bagian dari operasi cipta kondisi menjelang hari jadi Kabupaten Ponorogo dan perayaan Grebeg Suro yang akan dihelat bulan depan.

Razia yang dilakukan Minggu dini hari kemarin rencananya tidak hanya dilakukan sekali saja, tapi bakal dilakukan berkelanjutan sampai dua perhelatan besar itu berlangsung.

"Namun, titik berat razia ini bukan hanya murni penegakan hukum, namun lebih kepada imbauan kepada masyarakat supaya tidak mengganggu kamtibmas,’’ jelasnya [air/mit]

Sumber : Berita jatim
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: