Belum Sarapan, Upacara HUT RI Molor, Banyak Peserta Upacara, Istri Sekda Ponorogo dan Seorang Anggota TNI Semaput

Sponsored Ad

Sponsored Ad
PONOROGO - Belum sampai 20 menit upacara bendera memperingati HUT RI ke 71 di Kabupaten Ponorogo banyak peserta langsung pingsan satu per satu. Hal ini disebabkan cuaca yang cukup menyengat.

Setidaknya, ada 20 an peserta upacara di Alon-alon Ponorogo yang pingsan. Rata-rata mereka yang tumbang adalah anak-anak sekolah dan  PNS yang mengikuti rangkaian Upacara bendera HUT RI ke 71 di Ponorogo.

Dari pantauan beritajatim.com, petugas PMI terlihat kewalahan. Karena peserta yang tumbang hampir bersamaan dengan jumlah yang cukup banyak.

Salah satu peserta yang tumbang saat upacara, Yusvita A.A, mengatakan, memang cuaca sangat menyengat. Sehingga dirinya tidak tahan untuk berdiri cukup lama.

"Panas banget, saya sudah lemes. Tidak tahan, makanya lebih baik mundur," kata siswa SMAN 1 Babadan kepada beritajatim.com, Rabu (17/8/2016).

Dia mengaku memang sudah tidak enak badan. Sampai sekarang pun masih merasakan mual, pusing. Ditambah dirinya yang tidak sarapan.

"Tadi tidak sarapan dari rumah. Tapi saya paksakan. Karena saya keluarga besar Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Ponorogo, jadi wajib ikut upacara ini," katanya.

Tidak hanya peserta dari umum saja yang mengikuti upacara bendera peringatan HUT RI ke 71 pingsan. Uniknya juga ada dari anggota TNI dan Istri Sekda Ponorogo, A. Besar Tenrisampeang yang pingsan.

Mereka berdua terpaksa dilarikan ke RSUD dr Harjono Ponorogo dengan mobil ambulance. Parahnya, anggota TNI yang tumbang tersebut harus sampai dipasangi selang oksigen.



Padahal istri Sekda Ponorogo berada di kursi undangan VIP. Demikian juga dengan anggota TNI sudah berlatih cukup lama.

Hal ini diduga karena jadwal upacara molor dari biasanya. Karena jika sesuai undangan, jadwal upacara HUT RI ke 71 di Alon-alon Ponorogo sekitar pukul 09.00. Namun, tadi molor sampai 10.12.

Kasubag Humas Ponorogo, Setyo Budiono, membenarkan, bahwa istri dari Sekda Ponorogo pingsan. "Iya tadi pingsan," katanya.

Dia menerangkan istri Sekda sampai pingsan karena belum sarapan. Karena itu dilarikan ke IGD RSUD dr Harjono Ponorogo.

Sementara, petugas dari PMI Ponorogo, Ina Yeti Oktavia, mengatakan, untuk upacara kali ini setidaknya ada 20 orang yang pingsan. Ditambah dengan dua orang yakni istri Sekda dan anggota TNI yang dibawa ke UGD RSUD dr Harjono Ponorogo.

"Kebanyakan karena tidak sarapan. Dan rata-rata dehidrasi. Karena memang cuacanya cukup menyengat," katanya.

Sumber : beritajatim.com
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: