Duh, Pelaku Balap Liar Kebanyakan Pelajar

Sponsored Ad

Sponsored Ad
KOTA – Balap liar di jalanan bumi reyog kian hari kian menjadi. Selain mengganggu masyarakat karena suaranya yang bising, tak jarang para pelakunya juga meresahkan karena membawa minuman keras. Apalagi, balap liar tersebut dilakukan hingga dini hari atau hingga jelang Subuh. Minggu (31/7) dini hari, Polres Ponorogo menggelar razia balap liar di sejumlah titik. Sepeda motor pretelan yang berhasil diamankan mencapai 14 unit.

Kabag Ops Polres Ponorogo Kompol Eko Condro Wasisto menuturkan, dari razia yang dilakukan Minggu dini hari, 14 sepeda motor disita. Razia dilakukan di Jalan Juanda dan Suromenggolo. ‘’Suara knalpotnya mengganggu masyarakat sekitar lokasi. Oleh karena itu saat razia kami sengaja tempatkan petugas di sejumlah titik dekat pemuda-pemuda itu berkumpul,’’ paparnya.

Menurut Eko, sebanyak 14 unit sepeda motor yang dirazia petugas hanya boleh diambil oleh pemilik dengan kelengkapan sepeda motor sudah dikembalikan dalam kondisi normal. Jika tidak, polisi tidak akan menyerahkan motor tersebut. Sementara bagi pelaku balap liar yang mayoritas pelajar akan ditilang. ‘’Dari Binmas juga akan ada pembinaan langsung kepada para pelajar tersebut,’’ ujarnya.

Eko menjelaskan, pembinaan bakal dilakukan dengan memanggil orang tua mereka. Salah satu materi pembinaan adalah sosialisasi keselamatan berkendara. Sementara untuk aksi serupa yang mungkin akan kembali terjadi, Eko menyebut salah satunya mengedepankan cara humanis. Seperti, melibatkan polwan. ‘’Supaya lebih dekat dengan para pebalap liar yang kebanyakan masih muda. Harapannya bisa ditekan lewat cara humanis,’’ terangnya.

Selain itu, razia balap liar yang dilakukan menjadi bagian operasi cipta kondisi menjelang hari jadi Ponorogo dan Grebeg Suro. Razia rencananya akan kembali digelar. ‘’Namun titik razia bukan hanya murni penegakan hukum, tapi juga imbauan kepada masyarakat agar tidak mengganggu kamtibmas,’’ jelasnya.(mg4/irw)

Sumber : Radar Madiun
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: