Festival Kadayawan, Reog Ponorogo Sukses Hibur Warga Davao, Filipina

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Festival Kadayawan, Reog Ponorogo Sukses Hibur  Warga Davao, Filipina
FILIPINA - Upaya mendorong peningkatan ekonomi nasional terus dilakukan antara lain melalui peningkatan jumlah turis manca negara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu upaya dengan menampilkan pementasan seni tradisional yang kaya akan nilai historis budaya Indonesia untuk menarik minat warga asing atas keanekaragaman budaya Indonesia.

Menurut Acting Konsul Jenderal RI Davao City Filipina, Endah Rachmi Yuliarti kesenian Reyog Ponorogo merupakan salah satu aset budaya nasional  yang penuh nilai historis dan perlu dipromosikan, termasuk ke Filipina sebagai pasar cukup potensial untuk pariwisata.

"Disamping untuk menarik wisatawan asal Filipina datang berkunjung ke Indonesia, pementasan juga untuk meningkatkan kecintaan masyarakat setempat dan WNI serta keturunannya di Mindanoa terhadap kesenian Reyog Ponorogo," kata Endah.

Bertepatan dengan momentum festival panen atau Kadayawan sa Dabaw, KJRI Davao City bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Kabupaten Ponorogo menampilkan Tim Kesenian Komunitas Reyog Ponorogo pada festival tersebut di Davao City, Minggu (21/8/2016).

Kadayawan merupakan festival termegah yang diramaikan oleh kemeriahan parade berhiaskan bunga, buah, tarian jalan, dan lainnya. Puluhan ribu penonton menyambut secara antusias dengan memadati jalan-jalan utama di Davao City mulai pukul 08.00-11.00 waktu setempat.

"Kami bersyukur bisa menampilkan kesenian Reyog Ponorogo pada festival Kadayawan. Apalagi sambutan penonton yang begitu antusias dengan berebutan untuk mengabadikan dan berfoto bersama para penari," kata Koordinator Tim Duta Seni Reyog Ponorogo Indonesia, Suparno Nojeng.

Nojeng yang merupakan Wakil Ketua Komunitas Reyog Ponorogo (KRP) menambahkan Reyog Ponorogo bukan saja menjadi kebanggan daerah melainkan menjadi kebanggaan nasional.

"Mudah-mudahan tahun berikutnya kesenian Reyog Ponorogo diundang kembali ke Davao City," harap Nojeng.[Rls]
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: