Pesta Ganja di Jalan Baru, Tiga Pemuda Diringkus Polisi

Sponsored Ad

Sponsored Ad
PONOROGO - Sat Sabhara Polres Ponorogo berhasil menangkap 3 tersangka pengguna dan pemilik daun haram Cannabis Indica atau dikenal dengan nama ganja di jalan baru, Ponorogo, Senin (22/08/2016) malam.

Ketiga tersangka tersebut merupakan anggota komunitas motor yang saat penangkapan lagi kongkow-kongkow di jalan baru.

Ketiganya adalah Bagus Ari Wibowo (25) warga Kelurahan Tonatan, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo, Joko Kuswanto (27) warga Desa Golan, Kecamatan Sukorejo dan Ramang Surya Rasmana (34) warga  Desa Babadan, Kecamatan Wlingi, Blitar.

"Anggota meringkus saat mereka teler dan tidak sadarkan diri," kata Kasubag Humas Polres Ponorogo, AKP Harijadi, Rabu (24/8/2016).

Penangkapan bermula saat anggota Sat Sabhara Polres Ponorogo melakukan patroli keliling di seputaran jalan baru. Kemudian melihat puluhan komunitas motor sedang berkumpul. Diantara mereka terlihat sedang teler.

Petugaspun mendatangi mereka yang teler tetapi  karena tidak tercium bau minuman keras, Polisi sempat balik arah. Namun selang beberapa waktu, Saat petugas kepolisian kembali ke komunitas motor tersebut mereka panik lalu membuang membuang sesuatu ke sawah.

Ketika diambil, barang tersebut ternyata ganja siap isap. Bentuknya seperti lintingan rokok yang ditaruh di kotak rokok. Ketiganya pun langsung digelandang ke Mapolres Ponorogo untuk dimintai keterangan.

Dari pemeriksaan terhadap Bagus dkk, terungkap Joko dan Ramang juga menyimpan ganja di rumah Bagus. Di rumah Joko, petugas mendapatkan daun ganja kering dalam plastik seberat 1,03 gram. "Jika ditotal, dengan ganja yang dia bawa dalam lintingan rokok, mencapai 1,74 gram," terang Harijadi.

Barang bukti yang didapat dari tangan Ramang lebih banyak lagi. Total petugas mengamankan sebanyak 14,55 gram daun ganja kering. Sama halnya dengan Joko, penyimpanannya dipisah. Sebanyak 9,13 gram ganja dibungkus kertas koran, lalu dimasukkan ke dalam bungkus rokok. Sebanyak 4,44 gram lainnya dibungkus dalam kertas rokok.

Tak hanya menyita daun kering yang diduga ganja, polisi juga berhasil mengamankan 1000 butir pil double L.

Akibat perbuatannya tersebut, ketiga tersangka kini diamankan di Polres Ponorogo untuk proses penyidikan.

Mereka akan di jerat dengan pasal 111 ayat 1 UU RI no 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara dan denda maksimal delapan miliar rupiah.
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: