Satu Narapidana Rutan Ponorogo Mendapat Remisi Bebas Tanpa Syarat

Sponsored Ad

Sponsored Ad
JENANGAN - Rumah Tahanan (Rutan) Ponorogo mengusulkan 28 narapidana (napi) dari 207 penghuni  untuk mendapat remisi kemerdekaan atau pengurangan masa tahanan dalam rangka HUT ke-71 Proklamasi Kemerdekaan RI.

Dari jumlah napi yang diusulkan, satu  diantaranya mendapatkan remisi khusus II atau langsung bebas tanpa syarat yakni atas nama Yudi Sudiantoro warga Paringan, Jenangan, Ponorogo, yang bersangkutan sebelumnya diputus Pengadilan Negeri Ponorogo  untuk menjalani hukuman sembilan (9) bulan pada kasus kecelakaan lalu lintas.

Menurut  Kepala Keamanan Rumah Tahanan Klas IIB Ponorogo, Suherwan, SH, MH, kepada RRI, Rabu (16/8/2016), dari 207 penghuni  meliputi 140 orang berstatus tahanan dan 67 orang bertatus narapidana. Sehingga yang berhak mendapat usulan remisi mereka yang berstatus nara pidana atau yang sudah ingkrah putusan hukumnya.

“Dari sejumlah napi 67 ini tentunya yang mendapat remisi adalah narapidana atau sudah ingkrah melaksnakan putusannya sejumnlah 67. Kita usulkan yang sudah memenuhi syarat adalah sejumlagh 28 orang. Besok ada salah satu narapidana yang diusulkan tersebut mendapat remisi dan langsung pulang atas nama Yudi Sudiantoro warga Paringan, Jenangan, Ponorogo, kasus kecelakaan,” Suherwan, SH, MH, menguraikan.

Suherwan menjelaskan, 28 narapidana yang mendapat remisi atau pemotongan masa tahanan antara 1 hingga 4 bulan tersebut kebanyakan mereka yang terjerat undang undang perlindungan anak atau melanggar Pasal 81 dan 82 KUHP.

Sementara satu (1) dari tujuh (7) narapidana tersandung kasus korupsi yang diusulkan untuk mendapatkan remisi dikatakan Suherwan, prosentase dikabulkannya kecil. Mengingat napi yang terkena korupsi, teroris, maupun yang terkena Peraturan Pemerintah (PP) No. 99 tahun 2012 sulit mendapat remisi.

Narapidana yang mendapat remisi atau pemotongan tahanan dijelaskan Suherwan, secara administrasi yang bersangkutan sudah menjalani dua per tiga dari masa pidana dan tidak melakukan pelanggaran selama menjalani pidana,” pungkasnya. (AY/AKS/rri.co.id)
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: