Sindikat Pemalsuan Dokumen Kendaraan Antar Kota Ditangkap

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Tiga anggota komplotan pemalsu dokumen kendaraan serta kependudukan antar kota. Foto : Moch. Asrofi / pojokpitu.com
BLITAR - Tiga anggota komplotan pemalsu dokumen kendaraan serta kependudukan antar kota, berhasil digulung Tim Buser Polres Blitar. Mereka telah memalsukan ratusan dokumen, dengan keuntungan ratusan ribu rupiah per dokumen. Polisi masih mengembangkan kasus ini untuk mengungkap jaringan besar lainnya.

Senin siang (8/8), Miftahul Ngibad, warga Sanankulon, Blitar ini dibekuk petugas Polres Blitar, bersama dua orang rekannya Supriyanto dan Rullys Suwito. Mereka merupakan tersangka sindikat pemalsu dokumen kendaraan serta dokumen kependudukan, yang beroperasi di wilayah Jawa Timur.

Di depan petugas, Ngibad mengaku pesanan dokumen palsu ini bukan hanya Blitar saja, namun dari luar kota seperti Malang, Pasuruan hingga Surabaya. Selama setahun, Ngibad telah memalsukan ratusan dokumen kendaraan serta dokumen kependudukan bersama dua tersangka lainnya, yang bertugas sebagai calo serta penjual dokumen.

Ketiga sindikat pemalsu dokumen ini, dibekuk bersama sejumlah barang bukti, seperangkat komputer, ratusan dokumen palsu, uang serta sepeda motor dan mobil bodong. Demikian diungkapkan AKBP Slamet Waloya, Kapolres Blitar.

Dalam catatan kepolisian, sindikat pemalsu dokumen ini merupakan yang kedua kalinya dibekuk dalam kurun dua bulan terakhir. Mereka dijerat dengan pasal tentang pemalsuan dokumen dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.(end)
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: