Berkas Tersangka Pembunuhan Pratu Galang Diserahkan ke Pengadilan

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Bandung - PN Bandung menerima pelimpahan berkas perkara salah satu tersangka yang terlibat pembunuhan TNI AD, Pratu Galang, dari Kejari Bandung.

Panitera Muda Pidana Umum PN Bandung Iyus Yusuf menjelaskan berkas perkara itu sudah diterima siang ini, Rabu (14/9/2016). "Sekarang masih harus registrasi perkaranya," kata Iyus kepada wartawan di PN Bandung, Jalan Martadinata, Kota Bandung.

Berkas ini akan segera diajukan ke pimpinan untuk menentukan majelis hakim dan jadwal sidang. Itupun, kata Iyus, setelah keluarnya nomor registrasi perkara.

"Jadi siapa majelisnya dan kapan sidangnya perkara ini minggu depan sudah ada," ucap Iyus.

Ditemui di tempat sama, Kasipidum Kejari Bandung Irfan Wibowo mengatakan dari empat tersangka ini baru satu tersangka yang berkas perkaranya dilimpahkan ke PN Bandung. Tersangka itu inisial M alias Bule.

"Dia (M) yang memukul korban (Galang)," ucap Irfan.

Sementara tiga tersangka lainnya, RA alias Dorces, EM alias Paku dan ERS, belum dilimpahkan karena mereka tengah menjalani sidang dalam perkara tindak pidana lainnya. Setelah proses persidangan ketiganya di kasus lain rampung, Kejari Bandung tentu akan segera melimpahkan mereka berkaitan penganiayaan Pratu Galang yang tewas dengan luka tusuk senjata tajam.

Kasus ini menjadi atensi khusus Kejari Bandung. Termasuk aparat keamanan.

Irfan menyebut, sehari sebelum sidang digelar di PN Bandung, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan polisi, TNI, dan pengadilan. Bahasannya soal pengamanan selama persidangan perkara ini nanti berlangsung.

"Ini demi kodusifitas," ucapnya.

"Kita salah kalau menganggap ini sepele. Tentunya kita paham. Ya korban ini kan anggota Koppasus aktif," tutur Irfan menambahkan.

Keempat orang tersebut disangkakan melanggar Pasal 170 ayat (3) dan Pasal 351 KUHPidana.

Galang tewas dikeroyok dan ditusuk oleh gerombolan bermotor di Jalan Rajawali, Kota Bandung, pada Minggu 5 Juli 2016. Belum sempat mendapatkan perawatan optimal, prajurit TNI itu mengembuskan napas terakhir. Jenazah dibawa ke Ponorogo dan dimakamkan keesokan harinya.
(bbn/ern/detik.com)
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: