Bocah Berjuluk Dalang Metal Siap Buka Konser Iwan Fals di Ponorogo

Sponsored Ad

Sponsored Ad
MADIUN - Sudah banyak anak sekolah dasar jago bermain gitar, begitu juga mereka yang menjadi dalang. Tapi sedikit mahir memadukan keduanya.
Menjadi dalang, bermain gitar dan menjadi DJ sebagai pengiring musiknya sekaligus itu ditunjukkan Prabu Dylan Jacobuwono Nugroho, bocah kelahiran 5 Mei 2006 asal Madiun.
Berkat ketrampilannya mendalang, sambil memetik gitar dan musik elektronik, Prabu Dylan mendapatkan julukan Dalang Metal meski masih duduk sebagai siswa sekolah dasar.
Bakat seninya berasal dari ayahnya yang juga musikus sekaligus kolektor gitar, Arief Sulistyo Eko Saputro.
"Dulu belajar gitar dari papa waktu umur 6 tahun. Kalau nge-DJ belajar otodidak lihat di YouTube," kata Prabu ditemui Surya di rumahnya di Jalan Marsikarya no 2, Kelurahan Manisrejo, Taman,Madiun, Senin (12/9/2016) siang.
Pelajar yang duduk di bangku kelas VI MIN 1 Manisrejo ini menuturkan, kemampuannya mendalang dipelajari dari Ki Supriyanto, dalang dari sanggar kesenian wayang di RRI Madiun.
Prabu mengatakan, sejak kelas III SD ia sudah tampil di berbagai tempat di Indonesia, bahkan pernah diundang tampil di Cilaxy Night Club, Hongkong.
Terakhir tampil di acara Pesona Senggigi International Jazz and World Music Festival, Agustus lalu di Pantai Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Anak pertama dari dua bersaudara ini juga telah memiliki split album bernama The Fear of Living berkolaborasi dengan band beraliran musik underground asal Perancis, Disposible Heroes.
Album cerita wayang diringi musik metal dan elektronik itu berisi tiga fragmen cerita wayang kuno, di antaranya Minongko Wiwitaning carito, The Demon Inside, The Dragon and The Angel.
"Ketiganya bisa didownload di soundcloud," kata penggemar Jimi Hendrix ini.
Dalam sebulan, Prabu bisa tampil tiga kali di tempat yang berbeda. Untuk menjaga fisiknya selama tampil di depan publik Prabu rutin berenang.
"Supaya fisik kuat, saya setiap hari berenang. Jadi enggak perlu doping narkoba," kata bocah yang juga atlet renang ini.
Rencananya, bocah multitalenta ini akan tampil membuka konserIwan Fals dalam acara Grebeg Suro di Ponorogo pada Oktober mendatang.
Sementara itu Arief mengatakan sejak duduk di bangku kelas III SD, Prabu sudah mempelajari kesenian wayang. Ketika duduk di kelas IV SD, ia mulai belajar gitar, piano, dan menjadi DJ.
"Kalau anak SD jago main wayang sudah biasa. Tapi kalau ndalang sambil bermain gitar dan DJ kan masih jarang, bahkan mungkin belum ada," ungkap Arief. (surya.co.id)
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: