Bupati Ipong Usulkan H.O.S Tjokroaminoto Jadi Nama Jalan di Ponorogo

Sponsored Ad

Sponsored Ad
PONOROGO — Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, merasa prihatin karena salah satu tokoh nasional kelahiran Ponorogo, H.O.S. Tjokroaminoto tidak dijadikan nama jalan di Ponorogo. Untuk itu, dia berinisiatif mengusulkan nama tokoh nasional itu menjadi salah satu nama jalan di Ponorogo.

Ipong menegaskan Ponorogo memiliki salah satu pahlawan nasional yang sangat disegani seantero nusantara. Namun, ketokohan H.O.S. Tjokroaminoto tersebut belum diabadikan menjadi salah satu jalan di tempat kelahirannya.

“Saat saya menginjakkan kaki di Ponorogo, saya heran mengapa tokoh nasional asal Ponorogo seperti H.O.S. Tjokroaminoto belum diabadikan menjadi salah satu jalan di Ponorogo,” ujar dia kepada wartawan di gedung DPRD Ponorogo, Kamis (15/9/2016).

Dia mengatakan nama H.O.S. Tjokroaminoto direncanakan akan diabadikan di Jl. Sukarno-Hatta yang saat ini menjadi salah satu jalan terpanjang di Kota Reog. Kebetulan di jalan tersebut terpotong oleh perempatan, sehingga sangat pas untuk penamaan nama H.O.S. Tjokroaminoto.

Nantinya pemenggalan nama jalan tersebut dibagi dari Jarakan ke Pasar Legi masih tetap menggunakan nama Jl. Sukarno-Hatta. Sedangkan dari Pasar Legi sampai ngepos namanya nanti Jl. H.O.S. Tjokroaminoto.

“Kebetulan, H.O.S. Tjokroaminoto juga pernah tinggal di wilayah tersebut, sehingga penempatan nama itu di jalan tersebut sudah tepat,” ujar dia.

Ipong menyampaikan secepatnya akan mengusulkan perubahan nama tersebut. Ketika dibutuhkan peraturan daerah untuk pembuatan nama jalan tersebut, pihaknya akan segera mengajukan raperda ke DPRD Ponorogo.
Saat ini, ujar Ipong, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika beserta Bagian Hukum masih melakukan kajian terhadap penamaan nama jalan tersebut.

“Kalau memang dibutuhkan Perda ya kita akan usulkan, tetapi kalau hanya butuh Perbup ya kita akan buat,” kata dia.

Lebih lanjut, tokoh nasional yang memiliki nama panjang Hadji Oemar Said Tjokroaminoto lahir di Ponorogo pada tanggal 16 Agustsu 1882. HOS Tjokroaminoto merupakan salah satu guru Presiden Sukarno dan beberapa pahlawan nasional lainnya.

Sumber : madiunpos.com
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: