Diangkut Baracuda, 4 Tersangka Pembunuh Pratu Galang Masuk Rutan Kebonwaru Bandung

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Bandung - Polisi sudah melimpahkan empat tersangka pembunuh prajurit TNI AD, Pratu Galang Suryaman, ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bandung. Kini keempatnya masuk Rutan Kebonwaru Bandung sebagai tahanan titipan jaksa.

Keempat orang tersangka itu masing-masing berinisial RA alias Dores, MGA alias Bule, EM alias Paku dan ERS. Sebelum dilimpahkan ke Kejari Bandung, mereka sempat tinggal di rumah tahanan Mako Brimob Polda Jabar di Cikeruh, Kabupaten Sumedang.

Pada Kamis (1/9/2016), proses pelimpahan ke kantor Kejari Bandung mendapat pengawalan ketat dari sejumlah anggota Sat Brimob Polda Jabar. Dua unit kendaraan taktis (rantis) jenis Baracuda diterjunkan guna mengangkut keempat tersangka tersebut.

Setelah dibawa ke Kejari Bandung, tak lama kemudian keempat tersangka digiring anggota Sat Brimob Polda Jabar bersenjata laras panjang keluar kantor Kejari Bandung, Jalan Jakarta, Kota Bandung, sekitar pukul 13.45 WIB. Setelah semua tersangka dipastikan berada di dalam, iring-iringan Baracuda bergerak menuju Rutan Kebonwaru yang hanya berjarak 200 meter dari kantor Kejari Bandung.

Kepala Kejari Bandung Agus Winoto membenarkan telah menerima pelimpahan keempat tersangka pelaku penganiayaan yang menewaskan Pratu Galang Suryawan. Ia mengatakan keempat pria itu dititipkan ke Rutan Kebonwaru Bandung.

"Ini tersangka pelaku penganiaya anggota Kopassus yang di Jalan Rajawali. Ini pelimpahan tahap dua. Kami terima berkas dan tersangka," kata Agus di halaman kantor Kejari Bandung.

Agus menambahkan pihaknya akan berpegangan pada hukum dalam menyidangkan keempat tersangka itu. Para tersangka disangkakan melanggar Pasal 170 ayat (3) dan Pasal 351 KUHPidana.

"Ancaman hukumannya 12 tahun penjara. Kami on the track saja. Ini kan perkara yang menjadi sorotan publik," ujar Agus.

Galang tewas dikeroyok dan ditusuk oleh gerombolan bermotor di Jalan Rajawali, Kota Bandung, pada Minggu 5 Juli 2016. Belum sempat mendapatkan perawatan optimal, prajurit TNI itu mengembuskan nafas terakhir. Jenazah dibawa ke Ponorogo dan dimakamkan keesokan harinya.
(bbn/bbn/detik.com)
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: