Gempa Bumi Dangkal Kembali Guncang Pesisir Selatan Jawa Timur Terasa Hingga Ponorogo

Sponsored Ad

Sponsored Ad
KOMPAS - Sebuah gempa bumi melanda beberapa kota di wilayah Jawa Timur dan sebagian Jawa tengah Kamis , 22/9 hari ini . Pusat gempa yang dirasakan di Kota Malang ,Wonogiri , Batu , MAdiun , Ponorogo , Klaten , Pacitan , Blitar dini hari tadi berada di Laut . Tidak banyak yang mengetahui akan kejadian alam yang terjadi pada pukul 01.07 Wib tersebut . Efek nya , banyak yang bertanya-tanya di media sosial akan terjadi nya gempa yang cukup besar guncangannya itu dalam status mereka

Gempa bumi tektonik bermagnitudo 5,1 mengguncang wilayah pantai selatan Jawa Timur, Kamis (22/9/2016) dini hari. Belum ada laporan terkait kerusakan akibat gempa tersebut.

Kepala Stasiun Geofisika Karangkates, Malang, Jawa Timur, Musripan menjelaskan, gempa terjadi pukul pukul 01.07 WIB.

Pusat gempa berada di laut sekitar 180 kilometer tenggara Kabupaten Pacitan pada koordinat 9,07 derajat Lintang Selatan dan 111,50 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa tersebut dirasakan di Kabupaten Pacitan hingga ke Ponorogo.

"Menurut informasi dari BPBD Pacitan di daerah tersebut guncangan gempa bumi sangat keras dirasakan dan hingga saat ini belum ada laporan lebih lanjut mengenai dampak gempa bumi," kata Musripan melalui pesan tertulis kepada Kompas.com, Kamis pagi.

Ia mengatakan, kedalaman hiposenter menunjukkan bahwa gempa tersebut merupakan gempa bumi dangkal. Hal itu diakibatkan oleh aktivitas subduksi antara lempeng Indo Australia yang menunjam lempeng Eurasia.

"Secara seismik, zona Jawa memang zona yang sangat aktif dan sering terjadi aktivitas gempa bumi dangkal," kata dia.

Musripan meminta warga Ponorogo dan pesisir Pacitan untuk tetap tenang sebab gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: