Pusing Kemacetan Akibat Parkir di Jalan

Sponsored Ad

Sponsored Ad
KOTA – Penyebab kemacetan di Ponorogo di beberapa titik salah satunya karena parkir yang semerawut. Di jam-jam tertentu, kepadatan kendaraan yang parkir di sejumlah titik itu mengakibatkan gangguan lalu lintas. Parahnya, sejumlah titik macet itu merupakan jalan utama di Ponorogo. Dishubkominfomemastikan akan melakukan penataan parkir.

Kepala Dishubkominfo Ponorogo, Djunaedi menuturkan sejumlah jalan rawan macet karena masalah parkir. Sejumlah titik itu yakni di Jalan Soekarno-Hatta tepatnya di depan pasar legi, serta di pertigaan Jalan Sultan Agung dan Jalan Pramuka. Selain itu, di deretan pertokoan Jalan KH. Ahmad Dahlan. Di tiga lokasi itu, pada jam-jam tertentu kemacetan tidak terhindari. ‘’Sejauh ini yang paling rawan macet karena parkir di tiga titik tersebut,’’ ujarnya.

Menurut Djunaedi, penyebab macet ketiga titik sama-sama ramainya pengunjung pertokoan di jalan tersebut. Lahan parkir merupakan fasilitas yang seharusnya disediakan oleh pertokoan. Namun jika tidak mencukupi, solusi satu-satunya adalah parkir di jalan. Hal itu tidak terhindarkan. ‘’Di tempat-tempat yang jadi pusat perputaran ekonomi seperti itu, tidak bisa jika kami memberi larangan parkir. Namun meski di badan jalan, parkir tetap harus diperhitungkan dengan tepat,’’ terangnya.

Pihaknya bakal melakukan pendataan di ketiga titik masalah parkir. Pendataan dilakukan sebagai bahan mengkaji sistem parkir paling efektif agar mengurangi kemacetan. Apakah parkir lurus atau paralel. Ke depan, juga akan ada batas parkir. Selain itu, akan ada pemantauan secara berkala jika parkir sudah ditata. ‘’Kalau kendalanya dari petugas parkir yang kurang cermat, tentu juga akan ada teguran,’’ jelasnya.

Menurut Djunaedi, tim tersebut saat ini sudah mulai digodok di internal dinas. Pihaknya saat ini sudah mulai memberi sosialisasi internal kepada anggotanya. Selain itu, akan menggandeng petugas parkir. Mereka akan dibina dan diberi pemahaman penataan parkir. Secara efektif, tim akan mulai berjalan Januari 2017. (mg4/irw)
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: