Siswa Lestarikan Batik Ponorogo Lewat Pelajaran Membatik

Sponsored Ad

Sponsored Ad
PONOROGO - Batik Ponorogo merupakan salah satu batik khas daerah yang ada di Indonesia. Batik Ponorogo ini terkenal karena memiliki ciri khas yang tidak bisa dilepaskan dari kesenian reognya.

Namun, seiring berjalannya waktu rupanya pamor batik yang satu ini mulai sedikit meredup. Melihat hal ini sebuah sekolah di Ponorogo sengaja menjadikan membatik sebagai salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah tersebut. Hasil karya siswa dari sekolah tersebut kemudian dipamerkan di bazar yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Ponorogo.

Pada bazar tersebut para siswa mendemonstarikan cara membuat batik Ponorogo, mulai dari pembuatan pola, pengaplikasian malam, dan pewarnaannya. Untuk melihat keseruan aktivitas siswa SMP yang ada di bazar tersebut, anda bisa melihat video berikut

Pada video tersebut anda bisa melihat berbagai macam batik hasil karya siswa dan pendapat para siswa tentang membatik. Selain itu, anda juga bisa melihat para pengunjung bazar yang mencoba belajar membatik melalui bantuan dari siswa-siswa SMP tersebut.

Video ini memiliki durasi yang cukup singkat yaitu sekitar 1:46. Video yang telah beredar di youtube sejak tanggal 9 Juni 2014 hingga saat ini setidaknya telah ditonton oleh 282 orang. Video ini sangat cocok untuk ditonton oleh para siswa dan guru karena memberikan inspirasi dan motivasi dalam usaha melestarikan batik khas Indonesia.

Oleh karena itu jangan ragu dan segera tonton video batik ponorogo ini.

Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: