Hasil Penggalian Situs Ngurawan di Dolopo Madiun Ternyata Permukiman...

Sponsored Ad

Sponsored Ad
MADIUN - Tim Balai Arkeologi Jogyakarta telah menyelesaikan 10 hari eskavasi di Situs Ngurawan Desa Dolopo Kecamatan Dolopo. Kesimpulan sementara, tim menemukan sebuah pemukiman masyarakat kuno yang hidup 600 tahun lalu.

Setelah 10 hari melakukan penggalian dan penelitian, tim Balai Arkeologi Jogyakarta, menyimpulkan jika lokasi ditemukannya berbagai macam benda bersejarah, adalah sebuah pemukiman masyarakat kuno.  

Kesimpulan itu didapat setelah ditemukannya tumpukan batu bata besar, yang tertata rapi seperti layaknya tembok di areal pekarangan rumah Gatot, warga Dukuh Ngurawan, Desa Dolopo, Kecamatan Dolopo. Tidak hanya 1 lokasi, tumpukan batu bata tersebut, juga ditemukan di 5 lokasi berbeda.  

Staf Balai Arkeologi Jogjakarta, Rita Istari mengungkapkan, sebelumnya tim juga menemukan berbagai macam pecahan perabot rumah tangga dari tanah liat, patung, serta batu yang menyerupai lumpang, dan uang kuno.  

Selain itu, tim arkeologi juga menemukan beberapa benda yang diduga kedaton Kerajaan Ngurawan, jaman Kerajaan Majapahit pada abad 13-15 Masehi. Penggalian ini telah mendapat respon positif dari pemerintah Kabupaten Madiun agar situs Ngurawan nantinya bisa menjadi objek wisata budaya.  

Meski belum dapat diidentifikasi secara gamblang, namun upaya penggalian sedikit membuka misteri situs Ngurawan. Balai Arkeologi Jogjakarta bakal melanjutkan ekskavasi hingga tahun depan. (mud/pojokpitu.com)
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: