Tadi Malam Digelar Kirab Bedhol Pusoko Ponorogo

Sponsored Ad

Sponsored Ad
PONOROGO - Malam menjelang digelarnya kirab pusaka dan pawai budaya dalam rangkaian Grebeg suro, dilaksanakan Kirab Bedhol Pusaka, Jumat (30/09/2016).

Ritual kirab sebelumnya dilakukan prosesi di rumah dinas Bupati dimulai dari pukul 24.00 WIB menuju Makam Bathoro Katong yang merupakan eks pusat pemerintahan kota lama yang berada di Pasar pon.

Dalam kirab tersebut, dua pusaka andalan Kerajaan Wengker (asal muasal Ponorogo sekarang), tumbak Tunggul Wulung dan tumbak Tunggul Nogo, serta sebuah Cemeti.

Sementara jalur kirab Bedhol Pusoko yang akan dilalui yaitu dimulai atau berangkat dari Pendopo Kabupaten melewati  Jalan Diponegoro – jalan Sriwijaya –  jalan Hayamuruk –  jalan Batoro Katong  – dan berakhir di Makam Batoro Katong.



Dalam kirab tersebut diikuti oleh keluarga besar kraton Surakarta dan keluarga besar PaKaSa Gebang Tinatar Ponorogo bersama Bergodo Prajurit Karaton Surakarta Hadiningrat.



Pusaka akan disemayamkan di Makam Bathoro Katong yang kemudian akan dilakukan kirab kembali menuju Pendopo Kabupaten untuk dilakukan jamasan di depan paseban.(kanalponorogo.com)
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: