Tak Digaji 2 Bulan di Hong Kong, Begini Curhat TKW Magetan

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Ika Suprianti (Facebook/Alief Plat AE)
MAGETAN — Ika Suprianti, seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Magetan, Jawa Timur, mengaku dua bulan terakhir gaji belum dibayar dan mendapat perlakuan tidak mengenakkan dari majikannya di Hong Kong.

Hal itu diungkapkan Ika Suprianti dalam video berdurasi 1 menit 45 detik yang diunggah Alfie Plat AE di akun Facebook pribadinya pada tanggal 24 November 2016 pukul 16.35 WIB.

Dalam video itu, Ika Suprianti yang mengenakan kaus berwarna merah mengatakan dirinya berasal dari Magetan. Ika mengaku bekerja di daerah Nort Point, Hong Kong, sudah hampir tiga bulan.

Meski sudah bekerja hampir tiga bulan, dirinya baru sekali mendapatkan gaji dari majikannya, yaitu pada bulan pertama bekerja.

“Tanggal 26 November, saya sudah bekerja selama tiga bulan,” kata dia dalam video tersebut yang dikutip Madiunpos.com, Senin (28/11/2016).

Dia juga mengaku mendapat perlakuan yang tidak mengenakkan dari majikan, yaitu tidak diperbolehkan makan sebelum pekerjaan selesai.

Pada saat malam hari, ia baru diperbolehkan istirahat dan makan setelah pekerjaan selesai, yaitu sekitar pukul 01.00 hingga 03.00 waktu setempat. Setelah itu Ika tidur dan bangun serta mulai bekerja pada pukul 05.45 waktu setempat.

“Baru boleh tidur sekitar jam 03.00-an, dan harus bangun 05.45 waktu setempat,” kata dia.

Atas perlakuan majikannya itu, kata Ika, dia sudah mengadukan hal itu ke agency yang memperkerjakan dirinya di tempat itu. Namun, sampai saat ini belum ada tindakan apa pun dari agency dalam menanggapi kasusnya itu.

Dalam keterangannya, akun Facebook Alfie Plat AE, menuliskan tubuh Ika Suprianti terlihat bekas luka di tangan dan kakinya. Dia menduga luka-luka itu karena penyakit yang diderita Ika, namun majikannya tidak memedulikan hal itu.

“Ika Suprianti juga tidak pernah diberi makan siang sebelum pekerjaan selesai,” ujar dia.

Hingga Senin pukul 16.45 WIB, postingan berupa foto dan video yang diunggah akun Alfie Plat AE itu disukai empat ribuan pengguna Facebook, dibagikan 2.252 kali, dan mendapat 1.022 komentar dari netizen.

Nasib TKW asal Magetan itu pun mendapat simpati dari para netizen. Sebagian besar netizen merasa kasihan terhadap nasib Ika Suprianti dan meminta warga Magetan itu untuk melaporkan perlakuan sang majikan ke polisi.

Pengguna akun Facebook Tyas Alay mengaku sangat kasihan terhadap nasib Ika Suprianti. Dia berdoa supaya Ika Suprianti diberi jalan kemudahan dalam menghadapi cobaan ini.

“Kasihan amat mbknya, mudah2 Allah memberikan kemudahan dan jalan yg terbaik buat mslh mbknya Amiiin YRA,” tulis dia dalam kolom komentar.

Pengguna akun Facebook Mina Wati meminta Ika untuk malporkan hal itu kepada kepolisian atau keduataan. Dia berharap Ika supaya berani melaporkan hal itu dan meminta lebih berani.

“lapor polisi atau kedutaan dari pada ngenes kuru kudu brani jng mau di jajah majikan ok kudu braniiiiii,” tulis dia dalam kolom komentar. (Madiunpos.com)
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: