Tari Reog Ramaikan Apel Nusantara Bersatu di Ponorogo

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Penari jathil berlenggak lenggok dalam apel Nusantara Bersatu di Alun-alun Ponorogo, Rabu (30/11/2016) pagi. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)
PONOROGO — Ribuan warga Kabupaten Ponorogo mengikuti apel Nusantara Bersatu yang dipusatkan di alun-alun setempat, Rabu (30/11/2016) pagi. Dalam apel itu, sejumlah tokoh lintas agama menggelar doa bersama untuk persatuan bangsa.

Ribuan warga yang mengikuti apel Nusantara Bersatu itu dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, anggota organisasi masyarakat, tokoh agama, TNI dan Polri, serta pegawai negeri sipil (PNS). Ribuan orang itu memakai pita berwarna merah putih dan diikatkan ke kepala mereka.

Sejumlah tokoh lintas agama juga menggelar doa bersama sesuai kepercayaan masing-masing di mimbar yang telah disiapkan. Selain itu, apel itu dilanjut dengan parade marching band dari berbagai sekolah di Ponorogo. Apel ditutup dengan pergelaran reog Ponorogo, yang menjadi kesenian khas kabupaten ini.

Komandan Kodim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Slamet Sarjianto, mengatakan ribuan warga Ponorogo mengikuti kegiatan apel Nusantara Bersatu dengan khidmat. Kegiatan ini untuk menyatukan seluruh elemen masyarakat dengan tidak membedakan suku agama ras dan antar-golongan (SARA).

“Kegiatan ini bertujuan supaya mempersatukan masyarakat supaya bersatu dan bersama-sama membangun bangsa dan negara,” kata dia kepada wartawan.

Slamet juga meminta kepada masyarakat untuk memiliki jiwa nasionalisme dan lebih mementingkan kepentingan bangsa dibandingkan kepentingan golongan tertentu.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, menuturkan dalam kegiatan apel Nusantara Bersatu ini ditujukan supaya seluruh masyarakat bisa memupuk kembali rasa persatuan dan kesatuan bangsa. (Madiunpos.com)
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: