Curi Jahe Kering, Dua Pemuda Asal Ngrayun Tertangkap Basah Pemilik

Sponsored Ad

Sponsored Ad
NGRAYUN - Demi jahe kering dua pemuda asal Kecamatan Ngrayun mencuri jahe kering di rumah Lancur Sudibyo (45), Desa Kalisat, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Rabu (13/12/2016) dini hari. Adalah Miswanto (24) dan Katwanto (26), keduanya warga Desa Baosan Kidul, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo.

Bahkan dua pelaku tersebut telah merencanakan jauh-jauh hari sebelum melakukan aksi pencurian. "Dua tersangka memang sudah merencanakan dari awal. Jadi tahu seluk beluk tempat jahe keringnya," kata Kapolsek Bungkal, AKP Beny Hartono kepada beritajatim.com, Selasa (13/12/2016).

Beny menuturkan awalnya penjual Jahe kering, Rudianto atau saksi memberi tahu kalau ada tumpukan jahe kering dalam karung plastick di pinggir jalan. Tepatnya di sebelah selatan rumah korban.

Selanjutnya korban mengecek jahenya di gudang dalam keadaan lengkap, selanjutnya korban mengecek tumpukan jahenya yg berada di dalam rumah korban yang berada di barat jalan. "Setelah dicek ternyata berkurang 9 karung," tambahnya.

Sebelumnya, lanjut dia, saksi juga melihat dua tersangka melihat ada dua orang yg belum dikenal sedang menata dua karung plastick jahe kering pada sepedah motor Yamaha  jupiter di tepi jalan raya Jurusan Bungkal-Ngrayun tepetnya di sebelah selatan rumah korban.

"Karena curiga. Saksi pertama Rudianyo mengajak saksi dua yakni Suwarso untuk memastikan. Namun saat mengecek lagi lokasi sudah kosong," paparnya.

Dan si pelaku beraksi kembali mengambil jahe kering. Karena ketahuan, kedua pelaku langsung kabur.

"Hampir dimassa. Kan ketahuan dan lari dengan dua sepeda motor miliknya, jupiter dan Vxion. Sebelum kabir sudah tertangkap tangan dulu," jelasnya.

Beny menjelaskan diduga kedua pelaku masuk melalui jendela belakang rumah. Dan keluar dari pintu belakang yang tak dikunci.

"Total kerugiannya juga besar. Yakni 9 karung jahe kering atau seberat 450 kg. Jika diuangkan mencapai Rp 8.400.000," pungkasnya.

[Reporter : Pramita Kusumaningrum/beritajatim.com]
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: