Rawan Longsor, TNI/Polri Magetan Dirikan Posko Tanggap Bencana

Sponsored Ad

Sponsored Ad
MAGETAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama TNI/Polri mendirikan Posko Tanggap Darurat Bencana di kawasan titik longsor di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan.

Menurut Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan Ferry Yoga Saputra, dipilihnya Kecamatan Poncol sebagai Posko, karena wilayah Poncol merupakan salah satu titik rawan bencana tanah longsor, selain itu, letaknya strategis untuk menuju wilayah rawan longsor lainnya.

"BPBD bersama TNI/Polri mendirikan Posko di Poncol ini selain, karena mudah menjangkau wilayah bencana, yang hampir titiknya dekat dengan Kecamatan Poncol,"kata Ferry Yoga Saputra yang ditemui Surya di Posko, Poncol, Jumat (9/12/2016).

Dikatakan Ferry, dari 18 kecamatan di Kabupaten Magetan, empat wilayah kecamatan yang wilayahnya berada di Magetan Selatan dan Utara, merupakan daerah rawan longsor.

Namun terparah wilayah lereng Gunung Lawu bagian Selatan atau Selatan kota Magetan.

"Ada 14 titik rawan longsor si Kabupaten Magetan. Ke 14 titik rawan longsor itu berada di wilayah empat kecamatan. Keempatmya yaitu, Kecamatan Poncol, Plaosan, Parang dan Panekan. Kecamatan Panekan yang terakhir disebut, tidak sesering tiga wilayah kecamatan di Selatan kota Magetan,"ujar Ferry.

Musim penghujan, kata Ferry, seperti sekarang ini, BPBD bekerjasama dengan TNI/Polri, sebagai aparat keamanan di daerah kecamatan, saling tukar informasi.

Karena itu BPBD mendirikan Posko qTanggap Bencana bersama TNI/i.

"Saat ini status Posko kita sudah tanggap bencana. Karena sudah masuk musim penghujan. Saat seperti sekarang ini, 14 titik di wilayah empat kecamatan, tiga di Selatan, dan satu di Utara kota Magetan ini, mendapat prioritas utama dibandingkan daerah lainnya,"kata Ferry.

Dikatakan Ferry, Posko di Poncol ini merupakan kesiapan BPBD bersama TNI/Polri, yang siap sedia selama datangnya musim penghujan ini. Karen wilayah lereng Gunung Lawu Selatan merupakan wilayah paling rawan longsor.

"Posko Tanggap Darurat ini kami siapkan peralatan mulai cangkul sampai truk dan eskavator. Juga peralatan medis. Tapi mudah mudahan kondisinya sudah aman,"kata Ferry.

Sumber : surabaya.tribunnews.com
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: