Pembukaan Jalur Trenggalek-Ponorogo Pasca Longsor Dikebut

Sponsored Ad

Sponsored Ad
Trenggalek - Pembersihan material longsor di KM 17 jalur utama Trenggalek-Ponorogo terus dilakukan oleh Pemprov Jatim dan Pemkab Trenggalek. Saat ini arus lalu lintas dua arah mulai dibuka dengan sistem buka tutup.

Bupati Trenggalek, Emil Elestanto Dardak mengatakan, proses pembersihan dilakukan secara maraton selama dua hari terakhir. Khusus hari ini pihaknya menerjunkan dua unit alat berat.

"Awalnya memang ada kendala untuk pembuangan material longsor, karena di samping jalan itu adalah saluran air, namun setelah kami periksa lagi ternyata salurannya sudah tertutup. Dari pada terlalu lama akhirnya material kami buang di situ," kata Bupati Emil di lokasi, Sabtu (28/1/2017).

Menurutnya, langkah cepat tersebut perlu dilakukan, karena bila harus melangsir menggunakan kendaraan truk, proses pembersihan akan berlangsung lama. Mengingat volume material longsor yang menutup badan jalan cukup banyak.

"Nanti setelah pembukaan jalan selesai, kami akan menormalkan kembali saluran air itu. Kalau sekarang yang paling penting jalurnya dibuka, ini akses penting antar kabupaten dan provinsi," ujarnya.

Orang nomor satu di Pemkab Trenggalek ini menambahkan, pemulihan secara total jalur utama tersebut membutuhkan waktu hingga beberapa hari ke depan. Kondisi ini terjadi, karena selain tanah terdapat beberapa batu berukuran besar yang ikut terbawa longsor.

"Tapi minimal saat ini akses dari kedua arah sudah bisa dibuka kembali, meskipun harus dengan sistem buka tutup," imbuhnya.

Sementara Kapolsek Tugu, Iptu Bambang Purwanto mengimbau, para penguna jalan yang melewati jalur Trenggalek-Ponorogo untuk meningkatkan kewaspadaan. Beberapa titik mulai dari Km 14 hingga 16 terjadi longsor. Terlebih di KM 16 dan 17 saat ini terdapat beberapa batu berukuran besar yang posisinya menggantung di atas tebing.

"Potensi longsor susulan sangat tinggi, batu-batu tersebut bisa jatuh sewaktu-waktu," ujarnya kepada detikcom. (fat/fat / detik.com)
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: