Polres Ponorogo Menangkap Warga Purbosuman Pelaku Pengedar Uang Palsu

Sponsored Ad

Sponsored Ad
PONOROGO - Polres Ponorogo menangani perkara tindak pidana menggunakan atau mengedarkan uang palsu (upal),  dengan pelaku Supeno bin Alm Muharam (51)  yang beralamat di Jalan Banowati, Kel. Purbosuman, Kec/Kab. Ponorogo.

Dijelaskan Kasubag Humas Polres Ponorogo, Ajun Komisaris Polisi Sudarmanto, sebelum pelaku dilaporkan ke Unit Reskrim Polsek Siman oleh korban “Supingah” (51) yang mempunyai usaha  toko atau mracang di Jalan Abiyoso, Kel. Mangunsuman,  Kec. Siman dimana sebagai tempat kejadian perkara (TKP), pelaku Supeno sudah ditangkap anggota Polsek Babadan dengan kasus yang sama.

Modus peredaran uang palsu yang dilakukan Supeno dengan korban Supingah, pelaku membeli beras 25 kg dengan menggunakan uang kertas 100 ribuan sebanyak 3 lembar yang diduga palsu.

“Nah sedangkan yang untuk di Babadan itu akhirnya setelah mendengar berita bahwa pengedar uang palsu itu ditangkap akhirnya yang lain juga berduyun-duyun melaporkan. Ya ini yang kedua ini dari Polsek Siman ini juga melaporkan. Dan meresah juga ya,ini kami himbau untuk yang lain jadi siapa pelakunya. Akhirnya setelah kita lakukan pemeriksaan yang ada di Siman itu Rian diajak ke Polres dan ditunjukan pelaku, ternyata benar jadi uang itu dari tersangka kasus Babadan,” AKP. Sudarmanto menguraikan kepada RRI Kamis (12/1/2017)

Meski saat  diinterograsi jawaban pelaku berbelit-belit, tetapi terungkap, uang palsu didapat dari seseorang a.n Mariyono warga Kec. Besuki,  Kab.Tulungagung, dan pada saat ini yang bersangkutan sedang menjalani putusan Pengadilan Negeri Kab.Trenggalek atas kasus uang palsu di Rutan Trenggalek.

Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian materil Rp.300.000,-  dan barang bukti (BB) yang berhasil diamankan polisi tiga (3) lembar uang kertas seratus ribuan diduga palsu.

Adapun untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat melanggar Pasal 245 KUHP terkait mengedarkan uang palsu dan diancam dengan pidana 15 tahun penjara,” tandasnya. (Agus Yoga)

Sumber : rri.co.id
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: