Empat Titik Semburan Air Kapur Muncul di Desa Tulung Sampung

Sponsored Ad

Sponsored Ad
SAMPUNG - Dalam sepekan terakhir, empat titik semburan air kapur mendadak muncul di Dusun Mendak Ilang, Desa Tulung, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Air yang menyembur ke atas itu diduga berasal dari sungai bawah tanah di desa tersebut.
Inilah salah satu titik semburan air kapur yang ditemukan di Dusun Mendak Ilang, Desa Tulung, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

"Tekanan air besar yang berasal dari sungai bawah tanah membuat air menyembur ke atas. Pantuan kami, ada empat titik semburan air kapur di Desa Tulung," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ponorogo Setyo Budiono, Senin (13/2/2017).

Menurut Budi, berdasarkan penelusuran timnya, semburan air kapur muncul di desa itu muncul saat musim penghujan tiba.

Semburan air kali ini paling besar karena intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa bulan.

"Semburan air di desa itu sudah biasa. Tetapi tahun ini semburannya paling besar karena curah hujan yang tinggi. Bahkan tekanan airnya menyamai semprotan air mesin penyedot air berkapasitas 10 PK," kata Budi.

Budi menyebutkan, meski airnya jernih, tetapi saat airnya direbus akan muncul banyak endapan kapur. Kondisi itu terbukti saat warga setempat merebus air tersebut. Hasilnya, banyak endapan kapur di panci tempat merebus air itu.

"Selain itu, tak jauh dari lokasi terdapat bukit yang banyak mengandung kapur," ujar Budi.

Meski semburan airnya makin membesar, kondisi itu tidak membahayakan warga setempat. Air yang menyembur keluar langsung dialirkan ke sawah warga.

Menurut Budi, biasanya semburan air kapur akan menghilang saat hujan tak lagi mengguyur desa itu.

Ia mengimbau warga untuk tidak mengkonsumsi air tersebut untuk kebutuhan air minum.

Sumber : kompas.com
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: