Akibat Klep Tabung Elpiji Bermasalah, Dapur Sunarsih Jadi Arang

Sponsored Ad

Sponsored Ad
KOTA – Kebakaran hebat terjadi di Jalan Letjen S Sukowati, Keniten, Ponorogo, kemarin (12/3). Akibatnya, dapur beserta perabotan di rumah Sunarsih, ludes dilalap api. Pun uang hasil dagangan Rp 1 juta jadi abu. ‘’Kebetulan (uang) saya taruh di dapur, rencananya mau dipakai belanja,’’ kata perempuan 53 tahun ini.

Sunarsih mengungkapkan kebakaran itu bermula saat dia hendak memasak, sekitar pukul 10.30 kemarin. Kebetulan, gas elpiji yang untuk memasak habis. Dia minta tolong menantunya Minto untuk memasang gas yang baru. ‘’Saya nggak bisa masang sendiri, jadi minta tolong menantu saya,’’ ungkapnya.

Minto kesulitan saat hendak menyambungkan gas ke kompor. Diduga lantaran karet klep tabung gas bermasalah. Dia sempat menggantinya empat kali. Lalu, mencoba menyalakan kompor gas tak jauh dari tabungnya. Kompor tetap tidak mau menyala. Namun, tiba-tiba api menyambar tabung gas tersebut. ‘’Saya kaget, kok tiba-tiba muncul api,’’ terang laki-laki 35 tahun ini.

Lidah api dengan cepat menjilati dinding dapur yang terbuat dari anyaman bambu (gedeg). Gugup. Minto pun lari keluar rumah dan berteriak minta tolong. Warga sekitar lantas berdatangan untuk memadamkan api dengan air seadanya. Warga lainnya memanggil pemadam kebakaran. ‘’Sudah gupuh mas, jadi hanya bisa lari dan teriak minta tolong,’’ ceritanya.

Selain memadamkan api, warga juga berusaha menyelamatkan barang-barang yang belum terbakar. Di antaranya belasan tabung gas tak jauh dari dapur dagangan Sunarsih. Toko Sunarsi kebetulan jadi satu dengan rumah tersebut. Api berhasil dipadamkan sekitar 30 menit kemudian. ‘’Itu setelah pemadam kebakaran datang membantu memadamkan api,’’ tambah Minto.

Saat peristiwa terjadi, selain Sunarsih dan Minto, juga ada empat cucu Sunarsih di rumah itu. Tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam peristiwa itu. Namun, kerugian materiil akibat kebakaran diperkirakan mencapai sekitar Rp 5 juta. Beruntung api bisa segera dipadamkan. Jika tidak, bisa menyambar rumah bagian depan yang juga berdinding gedeg. ‘’Mungkin sudah nasib,’’ ujar Sunarsih pasrah. (tif/sat)

Sumber : http://radarmadiun.co.id/detail-berita-6731-dapur-sunarsih-jadi-arang.html
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: