Sekarang di Ponorogo "BIKIN AKTA HANYA 20 MENIT"

Sponsored Ad

Sponsored Ad
PONOROGO - Untuk meningkatkan pelayanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Ponorogo, Bupati Ponorogo Drs. H. Ipong Muchlissoni,  Selasa 14 Maret 2017 secara resmi Melaunching penerbitan Akta Kelahiran maupun Akta Kematian hanya 20 menit saja.  Program ini diluncurkan bertujuan untuk memenuhi Hak penduduk atas Kelahiran dan kematian yang harus dilindungi konstitusi.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa program ini adalah merupakan sebagian dari  perwujudan Visi Misi Kabupaten Ponorogo,  mewujudkan pelayanan publik yang berkwalitas, cepat, tepat dan akurat.   Selama ini untuk mengurus Akta Kelahiran dan Akta Kematian masih memerlukan waktu yang relatif lama antara 2 s/d 3 hari,  dengan telah diluncurkannya Launching ini, hanya 20 menit saja penduduk langsung bisa membawa Akta Kelahiran maupun Akta Kematian.

Kepada masyarakat Bupati menghimbau bagi penduduk yang belum memiliki Akta Kelahiran untuk segera melaorkan ke Dinas Dukcapil karena prosesnya mudah dan  gratis. Launching ini ditandai dengan penyerahan Akte Kelahiran kepada penduduk  dan diserahkan langsung oleh Bupati Ponorogo.

Ir. Endang Retno Wulandari, MM menyampaikan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo membangun ide-ide kreatif yang membahagiakan masyarakat.  Beliau menambahkan bahwa pelayanan hanya 20 menit ini bisa dilakukan dengan Paket Lengkap (Pakel) yaitu proses Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran serta Akta Kematian dengan persyaratan benar dan lengkap.  Saat ini kepemilikan Akta Kelahiran anak usia 0 – 18 tahun di Kabupaten Ponorogo mencapai 78,23%,  sedangkan target Nasional adalah 77,7%. Program hanya 20 menit ini telah masuk diproposal Gerakan Pelayanan Kependudukan yang Lebih Cepat, Mudah, Lengkap dan Akurat “Genduk Cempluk Ponorogo” dalam kompetisi inovasi pelayanan publik yang diadakan oleh MENPAN-RB tahun 2017.

Sumber : http://dukcapil.ponorogo.go.id/20-menit/
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: