Buka Tutup Jalur Ponorogo-Trenggalek

Sponsored Ad

Sponsored Ad
SAWOO – Penanganan jalan ambrol di Jalur Ponorogo-Trenggalek Dusun Ngemplak Desa/Kecamatan Sawoo, Ponorogo, diprediksi bakal lama. Sebab, titik di KM 26 tersebut merupakan jalan nasional. ‘’Kami di daerah sebatas koordinasi. Dan sudah kami lakukan,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Ponorogo Jamus Kunto, kemarin (24/4).

Pihaknya langsung berkoordinasi dengan Balai Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Nasional (BPJ2N) Wilayah VIII Surabaya. Dijanjikan bakal ditinjau segera. Perbaikan bakal dilaksanakan Balai Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (BP2JN). Jamus belum koordinasi kembali. ‘’Saat koordinasi, katanya akan datang hari ini (kemarin),’’ ujarnya.

Padahal, penanganan jalan antarkabupaten yang ambrol Minggu (23/4) lalu itu cukup mendesak. Panjangnya 15 meter di sisi selatan. Material jatuh ke jurang sedalam 20 meter. Lebarnya, nyaris separo jalan. Sehingga, berbahaya jika dilewati. Warga, memasang rambu peringatan seadanya dengan tali dan papan pasca-longsor sekitar pukul 14.30. Apalagi, penerangan cukup minim di sekitar lokasi. ‘’Dibawah bagian yang ambrol terdapat gorong-gorong. Ini harus diperbaiki dulu,’’ ujarnya.

Penyebab longsor, kata dia, aliran air di gorong-gorong kurang lancar. Apalagi, cukup kecil. Air meluber ke jalan. Tanah dibawah jalan terkikis. Menjadi basah dan berat. Akibatnya, terjadi longsor. Bagian yang ambrol juga perlu talud penahan. Namun, butuh dana besar.

Sebab, ketinggian talud mencapai puluhan meter dengan panjang minimal 20 meter. ‘’Yang pasti menggunakan dana dari kementerian. Tetapi apakah tahun ini, menunggu APBN perubahan, atau tahun depan yang belum tahu. Kami berharap secepatnya,’’ ujarnya.

Sementara itu, pengendara yang melintas di jalur nasional ini wajib bersabar. Sebab, hanya separo jalan yang dapat dilewati. Sehingga harus bergantian atau buka tutup. Warga memasang rambu bahaya agar pengendara lebih waspada. Ambrol susulan masih mungkin terjadi jika hujan deras. (agi/sat)

Sumber : radarmadiun.co.id
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: