Diterjang Longsor, Lima Rumah Warga Sooko Ponorogo Rusak

Sponsored Ad

Sponsored Ad
SOOKO - Sebanyak lima rumah warga Desa Jurug, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo dilaporkan rusak diterjang tanah longsor pasca hujan deras mengguyur beberapa jam, Minggu ( 23/4/2017) malam.

"Lima rumah warga di Desa Jurug dilaporkan tembok dapur dan ruang tamunya jebol diterjang longsor setelah hujan deras mengguyur bebeberapa jam," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ponorogo, Setyo Budiono, Minggu ( 23/4/2017) malam.

Menurut Setyo, lima rumah warga yang rusak milik :

1. A.n. mursito 53 tahun kk 6 orang (rt 01 rw 03 dukuh setumbal desa jurug) dengan dampak rumah yang terkena rerobohan pohon cengkeh, pohon kelapa dan pohon jati beserta tanah. Jika hujan terus maka kemungkinan satu hektar tanah bisa rata karena longsor dan rumah tertimbun. Sekeluarga saat ini menempati dapur didekat kandang yang dirasa aman. Kerugian 10 juta.

2. A.n. pardi 55 tahun kk 3 orang (rt 02 rw 01 dukuh setumbal desa jurug) dengan dampak kerusakan rumah bagian ruang tamu dan kamar jebol. Korban mengungsi di rumah saudara dan rumah dikosongkan. Kerugian 5 juta.

3. A.n. jemarin 47 tahun kk 3 orang (rt 02 rw 01 dukuh setumbal desa jurug) dengan kerusakan ruang tamu dan dinding jebol dan keadaan rumah saat ini dikosongkan karena ditakutkan ada longsor susulan. Untuk seluruh keluarga mengungsi di rumah saudara. Kerugian sebesar 3 juta.

4. A.n. mbah plendik 70 tahun kk 1 orang (rt 01 rw 05 dukuh plongko desa jurug) dengan kerusakan di bagian dapur dan mengungsi di rumah saudara. kerugian 3 juta.

5. A.n. ratno 47 tahun kk 2 orang (rt 01 rw 03 dukuh plongko desa jurug) dengan kerugian dinding rumah jebol dan saat ini mengungsi di rumah saudara. Kerugian sebesar 6 juta.

Dia mengatakan, tanah longsor menerjang rumah warga setelah hujan deras mengguyur Desa Jurug sejak siang. Kendati rumah rusak, Budi memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Seluruh penghuni rumah yang diterjang tanah longsor sementara di tempat yang aman."Mereka mengungsi di tempat sanak saudaranya malam ini," katanya

Warga yang rumahnya dibawah tebing yang kemungkinan longsor (takut) ikut mengungsi ke rumah saudaranya yaitu:
a. Suroto 50 tahun (rt 01 rw 03 dukuh plongko desa jurug)
b. Sutris 55 tahun (rt 01 rw 03 dukuh plongko desa jurug)
c. Tumiran 52 tahun (rt 03 rw 03 dukuh plongko desa jurug)
d. Jemarin 57 tahun (rt 2 rw 1 dukuh setumbal desa jurug)
Ikut mengungsi karena diatas rumah banyak retakan dan karena hujan yang masih mengguyur lokasi.

Diberitakan sebelumnya, hujan yang mengguyur sejak siang mengakibatkan banjir dan longsor di sejumlah titik di Kabupaten Ponorogo, Minggu ( 23/4/2017) sore. Dua wilayah yang diterjang longsor dan banjir yakni Kecamatan Sooko dan Kecamatan Sawoo.

"Hujan dengan intensitas tinggi sejak siang mengakibatkan bencana longsor dan banjir di Kecamatan Sooko dan Sawoo, Minggu ( 23/4/2017) sore," kata Setyo.
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: