Gagal Nyalip, Tabrakan Libatkan Empat Kendaraan di Dolopo

Sponsored Ad

Sponsored Ad
DOLOPO – Herdian Agung Widodo, 44, harus cepat melarikan istrinya, Candra Nargiswari, 44; dan putrinya, Aisyah, 6, ke RSUD Dolopo. Itu setelahmobil Toyota Avanza yang dikemudikannya terlibat kecelakaan karambol bersama Bus Restu, Honda CRV, dan motor Vespa. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 13.00 di Km 186-187 Ruas Madiun-Ponorogo, Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, kemarin (23/4). Mobil nopol N 481 CA yang ditumpangi warga Kelurahan Pandean, Kecamatan Taman, Kota Madiun, itu diseruduk Bus Restu dari belakang. Kerasnya benturan membuat mobil warna krem itu ringsek karena terdorong hingga masuk ke parit sebelah barat jalan. ‘’Kalau luka parah tidak. Hanya lecet dan trauma karena benturan,’’ kata Widodo.

Widodo mengungkapkan, kendaraan yang dikemudikannya itu sebenarnya hanya melaju dengan kecepatan sekitar 50 km/jam. Melihat jalur sisi selatan yang kosong, dia pun mencoba menyalip mobil Honda CRV nopol AE 1 GR yang dikendarai Riyanto, 67, warga Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo. ‘’Kemudian saya salip. Karena dari arah selatan sedang kosong,’’ terangnya.

Tanpa disadari, di depan mobil honda CRV berwana putih itu terdapat motor Vespa nopol AE 3210 GV yang hendak berbelok ke barat. Pengemudi Vespa berwarna krem itu adalah Legowo, 75. Warga Desa/Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, itu berhenti di tengah jalan tanpa menghiraukan suara klakson yang dibunyikan Widodo. Widodo pun lantas mengurangi kecepatan laju kendaraannya dan menginjak rem dalam-dalam agar tidak menabrak si pengemudi Vespa. ‘’Kondisi hujan lebat, pandangan terbatas. Saya tidak menyangka kalau ada pengemudi Vespa,’’ ungkapnya.

Upaya Widodo tak membuahkan hasil. Maka terjadilah kecelakaan karambol yang melibatkan dua kendaraan tersebut. Nahas, bus antarkota dalam propinsi (AKDP) nopol N 7430 UG yang melaju paling belakang ikut ambil bagian. Bus yang disopiri Sugeng Santoso, 53, warga Desa Bandung, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, itu lantas menumbur Toyota Avanza dan Honda CRV yang melaju di sampingnya. ‘’Mobil saya sampai terdorong masuk parit,’’ paparnya.

Kasatlantas Polres Madiun AKP Evon Fitrianto memastikan tak ada korban jiwa dalam insiden laka karambol itu. Hanya, penumpang mobil Toyota Avanza dan sepeda motor Vespa mengalami luka ringan. Keduanya langsung dilarikan ke RSUD Dolopo untuk mendapatkan perawatan lanjutan. Tak lama setelah kejadian, seluruh kendaraan dievakuasi ke Pos Polisi Sekelip. ‘’Semua pengendara sudah kami mintai keterangan,’’ terangnya.

Pascainsiden laka beruntun itu, arus lalu lintas dari dua arah sempat terhenti dan mengular hingga satu kilometer. Honda CRV yang terparkir di sisi timur jalan tampak ringsek di bagian belakang. Kondisi serupa juga tampak pada Toyota Avanza yang sampai nyemplung ke parit. ‘’Saat hujan deras, pandangan pasti terbatas. Jadi, sebelum memutuskan untuk menyalip, pastikan jaraknya benar-benar aman,’’ pungkasnya. (bel/fin)

Sumber : radarmadiun.co.id
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: