Gempa 4,8 SR Guncang Tulungagung, Blitar, dan Malang Selatan

Sponsored Ad

Sponsored Ad
SONGGOLANGIT.NET - Wilayah Tulungagung, Blitar, dan Malang selatan diguncang gempabumi tektonik.  Hasil analisis update BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M4,8 dengan episenter pada koordinat 8,76 LS dan 112.49 BT tepatnya di laut pada jarak 89 kilometer arah Tenggara Blitar, pada kedalaman 29  kilometer.
Seismograf, alat ukur gempa bumi. (Foto: Thinkstock/Petrovich9)

Menurut Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya kepada kumparan (kumparan.com), Kamis 27/04/2017 pukul 14:03:13.

Peta tingkat guncangan menunjukkan dampak gempa dirasakan pada skala intensitas II SIG BMKG atau III MMI di Trenggalek, Ponorogo, Tulungung, Blitar, Wligi, dan Malang Selatan. Banyak warga dilaporkan merasakan gempabumi ini.

"Karena guncangan yang cukup kuat beberapa warga dilaporkan sempat berlarian ke luar rumah untuk menyelamatkan diri. Hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan.  Jika ditinjau dari hiposenternya, gempabumi ini merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas penyesaran di dasar laut," jelas dia.

"Hasil monitoring BMKG menunjukkan belum tercatat adanya aktivitas  gempabumi susulan. Masyarakat diimbau agar tetap tenang," tutup Daryono.
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: