Jumlah Melimpah, Ruang Penyimpanan Terbatas, Bantuan Logistik Terancam Rusak dan Kadaluwarsa

Sponsored Ad

Sponsored Ad
PULUNG – Bencana alam tanah longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung yang menewaskan belasan warga menarik perhatian dan kepedulian masyarakat. Bantuan beragam bentuk untuk para korban terdampak bencana mengalir deras.
Anak-anak pengungsi longsor Banaran, Pulung, bermain-main di atas tumpukan bantuan logistik

Meski sudah disalurkan kepada para korban dan warga yang tinggal di pengungsian, toh bantuan logistik masih melimpah. Hingga masa tanggap darurat usai, bantuan logistik masih terus disalurkan kepada para pengungsi.

Plt. Kepala BPBD Ponorogo Sumani mengungkapkan bakal berkoordinasi dengan perwakilan masyarakat tentang penyalurannya agar lebih tepat. Dia memastikan penyaluran bantuan logistik sesuai mekanisme yang sudah ditentukan.

‘’Kami tidak berani melangkah di luar dari ketentuan yang ada,’’ ungkapnya.

Pun penyaluran bantuan juga harus cepat, sebab, sebagian bantuan tersebut juga ada kedaluwarsanya. Saat ini, bantuan logistik memang sudah sangat banyak. Bahkan, pemerintah desa setempat kesulitan menampungnya.

Sebagian bantuan tersebut ditaruh di tempat seadanya. Sehingga, bisa berakibat kondisinya rusak sehingga tidak dapat dimanfaatkan. Bahkan, saking banyaknya bantuan, sebagian ada yang diberikan kepada kerabat korban. Menurut Sumani, itu tidak masalah asalkan bantuan sudah diserahkan kepada mereka (korban).

‘’Tapi kami pastikan, tidak ada petugas yang menerima,’’ tegasnya.

Kepala Desa Banaran Sarnu sudah mulai kebingungan menata bantuan logistik tersebut. Lantaran jumlahnya banyak, pihaknya bingung jika semua bantuan ditaruh di barak bisa rusak.

Jika tetap ditaruh di rumahnya, dia juga tidak enak dengan masyarakat. Pihaknya sempat meminta solusi terbaik tentang masalah tersebut. Apalagi saat ini sudah tidak ada pihak lain yang mengurus seperti sebelumnya.

‘’Terus terang kami juga bingung dengan masalah ini (bantuan logistik),’’ ujarnya. (tif/sat/jprm)
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: