Longsor Terjang Magetan, 12 Rumah Rusak dan 5 Akses Jalan Tertutup

Sponsored Ad

Sponsored Ad
MAGETAN — Sebanyak 12 rumah rusak dan lima akses jalan desa tertutup menyusul bencana longsor yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Senin (24/4/2017).

Bencana longsor menerjang sejumlah desa di Kabupaten Magetan setelah hujan deras mengguyur beberapa jam sejak Minggu (23/4/2017) siang.
Tim BPBD Magetan bersama warga dan aparat bergotong royong membersihkan material tanah longsor di Dukuh Jurang Banteng, Desa Cileng,Kecamatan Poncol, Magetan, Kamis (2/3/2017).(Fery Yoga Saputra)

"Data yang dihimpun tim di lapangan bencana longsor menerjang enam desa di Kabupaten Magetan. Enam desa itu terdiri lima desa di wilayah Kecamatan Poncol dan satu desa di Kecamatan Plaosan," ujar Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra, Senin (24/4/2017) malam.

Baca: Longsor Terjang Poncol Magetan, 2 Rumah Rusak dan 4 Jalan Tertutup

Fery memaparkan, di Kecamatan Poncol, ada empat rumah di Desa Gonggang yang rusak, lima rumah di Desa Cileng, satu rumah di Desa Plangkrongan, dan satu rumah rusak di Desa Sombo (satu rumah).

Sementara itu, di Kecamatan Plaosan, satu rumah warga di Desa Randu Gedhe rusak diterjang tanah longsor.

Untuk akses jalan yang tertutup diterjang tanah longsor, yakni pada dua jalan di Desa Gonggang, dua jalan di Desa Cileng, dan satu jalan di Desa Bangsri.

Tak hanya tanah longsor, hujan deras juga mengakibatkan air sungai meluap hingga merendam 140 rumah di Desa Sundul, Kecamatan Parang dan 15 rumah di Desa Banjarpanjang, Kecamatan Ngariboyo.

"Tadi juga dilaporkan sekitar 100 hektar sawah di Desa Ngelang dan Jajar terendam air luapan sungai," ungkap Ferry.

Ferry menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Kerugian akibat bencana itu ditafsir mencapai puluhan juta rupiah.

Untuk penanganannya, jelas Ferry, tim BPBD bersama TNI, Polri, Tagana dan masyarakat membersihkan material longsor. Sementara warga yang rumahnya terendam air disedot dikeluarkan dengan disel.

"Kerja bakti dilanjutkan besok karena baru 40 persen tertangani," demikian Ferry.

Sumber : kompas.com
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: