Mengejutkan, Tiba-tiba Muncul Sumber Air di Bekas Sumur yang Ditelan Bumi di Lereng Gunung Kelud

Sponsored Ad

Sponsored Ad
KEDIRI - Kasus fenomena langka amblesnya ratusan sumur warga ternyata berdampak ditemukannya fenomena alam lain, yakni munculnya sumber air yang mengucur dari bekas sumur pompa yang ambles tersebut.

Sumber air ini ditemukan di Dusun Jatirejo, Desa Gadungan, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri yang berada di lereng Gunung Kelud, Sabtu (29/4/2017).

Lokasi areal sumber air ini berada sekitar 3 kilometer dari Desa Manggis.

Sumber air ini ditemukan di tengah areal kebun, berada di bekas sumur pompa yang sudah lama tidak terpakai.

Tim dari Pusat Vulkonologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bersama tim dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dan Dinas ESDM Pemprov Jatim telah datang dan langsung melakukan penelitian di lokasi sumber.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Kediri Rendy Agata kepada Surya, menjelaskan, munculnya sumber air tersebut akibat adanya kenaikan sumber air dari bawah tanah.

Sehingga air menyembur dari lubang paralon sumur pompa.

"Sumber air ini muncul karena ada kenaikan debit sumber air di bawah tanah, kalau sumbernya turun, air akan berhenti dengan sendirinya," jelasnya.

Rendy juga membenarkan telah ditemukan kasus sumur yang ambles ditelan bumi di Dusun Jatirejo. "Dari hasil pengecekan kami, ada empat sumur yang telah ambles," ucapnya.

Kejadian sumur ambles ini tanda-tandanya juga sama dengan kasus sumur ambles yang sebelumnya terjadi di Desa Manggis.

Sementara kasus serupa di Dusun Karangnongko, Desa Sumberagung masih belum dilakukan pengecekan oleh tim BPBD Kabupaten Kediri.

"Laporannya sudah masuk, namun tim kami masih belum mengeceknya," tambahnya.

Terkait satu kasus rumah warga yang mulai retak-retak, dari hasil pengecekan ternyata sudah lama terjadi sebelum kasus meluasnya sumur ambles.

"Kemungkinan karena konstruksi bangunannya, sehingga temboknya retak," jelas Rendy Agata. (Surya/Didik Mashudi)
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: