Pencarian 24 Korban Tertimbun Longsor Ponorogo Dihentikan, Keluarga Mengikhlaskan

Sponsored Ad

Sponsored Ad
PONOROGO - Pencarian 24 korban yang masih hilang tertimbun longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, telah dihentikan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, kondisi medan yang berat dan adanya ancaman longsor susulan menyebabkan semua pihak menyepakati bahwa pencarian korban dihentikan.

"Masyarakat telah mengikhlaskan anggota keluarga yang belum berhasil ditemukan menyusul adanya longsoran susulan yang cukup besar pada Minggu (9/4/2017) kemarin," kata Sutopo dalam rilisnya, Selasa (11/4/2017).

Dengan demikian, dari 28 korban jiwa yang tertimbun longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, pada 1 April lalu, 4 jenasah berhasil ditemukan dan 24 orang dinyatakan hilang.

Saat ini sebanyak 300 jiwa masih mengungsi. Kebutuhan dasar bagi pengungsi mencukupi. Nantinya sebagian besar dari mereka akan direlokasi.
Pemda Ponorogo masih mencari lahan yang aman untuk relokasi warga nantinya.

"Masyarakat dihimbau untuk selalu meningkatkan kewaspadaannya mengingat potensi longsor masih tinggi di wilayah Ponorogo," imbaunya.

Ia memaparkan, hujan berintensitas tinggi masih berpeluang hingga awal Mei. Kondisi tanah sudah jenuh air. Apalagi kondisi batuan sudah banyak yang mengalami pelapukan sehingga mudah longsor.

Sumber : tribunnews.com
Sponsored Ad
J4ngan Lupa B4ca T!ps Ber!kut ini: